16:38 - Selasa, 17 Juli 2018
Minggu, 31 Agustus 2014 | 12:00

Ketika Soimah, Kartolo dan Ki Enthus Bikin Tawa Wilwatikta

soimah

Soimah Pancawati dan Kartolo tampil menghibur dalam pagelaran wayang dan musik di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Sabtu (30/8/2014) malam.

Pandaan (wartabromo) – Ribuan warga memadati ampitheater Taman Candra Wilwatikta Pandaan dalam Pagelaran Wayang dan Musik bersama Ki dalang Enthus, Soimah dan Kartolo Cs, Sabtu (30/8/2014) malam.

Pagelaran yang digelar dalam rangkaian Muktamar PKB tahun 2014 di Surabaya tersebut sempat berjalan molor dari yang dijadwalkan. Pasalnya, pihak panitia menunggu kedatangan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan rombongannya ke lokasi acara.

Riuh penonton membahana setelah sekitar pukul 22.00 wib, Muhaimin Iskandar bersama Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf membuka pagelaran wayang dengan penyerahan secara simbolis sebuah wayang pada Ki Enthus yang juga Bupati Tegal tersebut.

Dengan mengambil lakon, Hakekat Wahyu Kembar, Ki Enthus pun membuat para penonton yang memadati setiap bangku tribun amphitheater Candra Wilwatikta sangat terhibur. Apalagi, Dalang Mbeling itu memainkan para tokoh wayang dengan gaya nyleneh dari para dalang pada umumnya.

“Iki Ngenteni Soimah dandan,” ujar Ki Dalang melalui wayang punakawannya, Bagong.

Tak berselang lama kemudian, teriakan histeris nama Soimah pun terdengar manakala artis yang sedang naik daun itu muncul di tengah kerumunan penonton. Sambil mengenakan kebaya dan kemben khasnya soimah langsung naik ke atas pentas setelah sebelumnya mendapatkan sambutan hangat dari Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf beserta istrinya, Lulis Irsyad.

“Soimah!!! Minta foto,” teriak salah seorang penonton yang merangsek ingin mendekat ke arah artis asal Jogja itu.

Pagelaran wayang dan musik itu pun tambah semarak dan menghibur dengan kehadiran Kartolo Cs di sela -sela lakon goro-goro bersama Soimah. Tawa riang penonton pun selalu mengiringi setiap lawakan dan banyolan yang dicetuskan oleh para artis yang sengaja di datangkan oleh Panitia Muktamar PKB ini ke Pandaaan, Pasuruan. Apalagi, Ki Enthus memunculkan sejumlah tokoh – tokoh seperti wayang golek Jokowi, Susilo Bambang Yudhoyono dan Haji Rhoma Irama.

“Lho ada Pak Jokowi, salaman dulu,” ujar Soimah yang disambut tawa penonton.

Pagelaran Musik dan Wayang ini terasa sangat istimewa lantaran sejumlah Kepala Daerah yang diusung oleh PKB seperti Bupati Sidoarjo, Bupati Bondowoso, Bupati Banyuwangi tampak hadir dalam acara ini. Bahkan pada saat pra acara, Bupati Pasuruan melakukan sambutannya dengan menyanyikan lagu dangdut andalan berjudul ‘Kehilangan. (yog/yog)

Soal Kekecewaan Kiai Pada Cak Imin, Ketua PKB Kabupaten Pasuruan: Itu Urusan Dewan Syuro

Dalang Mbeling dan Pesona Taman Candra