15:11 - Selasa, 24 November 0443
Sabtu, 20 September 2014 | 19:02

Dari 1044 CJH Pasuruan, Positif ke Tanah Suci Cuma 820 CJH

jamaah haji pasuruanBangil (wartabromo) – Sebanyak 820 jamaah calon haji Kabupaten Pasuruan resmi diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah, Sabtu (20/9/2014). Jumlah jamaah yang berangkat haji tahun relatif semakin berkurang dari tahun sebelumnya.
Berdasarkan data yang didapatkan wartabromo, calon jamaah haji masuk kuota 2014 awalnya sebanyak 1044, namun yang tidak melunasi BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji), sebanyak 85 orang, sehingga CJH yang melunasi berjumlah 959 orang.

Dalam proses berikutnya, terdapat mutasi masuk antar kota/kabupaten dalam propinsi sebanyak 10 orang dan antar propinsi 1, sehingga jumlah sementara CJH yang berangkat adalah 973 orang.

Seiring berjalannya waktu, ternyata ada sebanyak 152 CJH yang memutuskan mutasi keluar mengikuti daerah lain, sehingga secara otomatis menyusutkan CJH menjadi 821 orang.

Data Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, ada 10 orang jamaah yang telah melunasi BPIH, akan tetapi membatalkan keberangkatannya atau batal dengan sendirinya, dengan rincian 8 orang karena alasan kepentingan keluarga, 1 orang meninggal dunia, dan 1 orang tersandung masalah visa haji. Total akhirnya berjumlah 811 jamaah ditambah dengan 10 orang petugas kloter, baik TPHI (Tim Pembimbing Haji Indonesia), TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia) maupun TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia) Kabupaten Pasuruan sehingga berjumlah total 820 orang.

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf memberangkatkan secara resmi calon jamaah haji Kabupaten Pasuruan dari Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan dengan didampingi Muspida setempat, Sabtu (20/9/2014) siang.

“Ibadah Haji memerlukan kekuatan fisik yang luar biasa. Saya menghimbau kepada para jamaah agar senantiasa menjaga kesehatannya. Segeralah meminta bantuan kepada petugas kesehatan yang sudah ditunjuk, baik TPDH maupun TPIH,maupun TKHI,” katanya.(eml/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

Bupati, Kapolres dan Dandim Pasuruan Ngetrail Bareng

Banyak Permintaan, Panitia Perpanjang Lomba Foto Off The Spot