15:11 - Kamis, 22 November 4232
Selasa, 23 September 2014 | 18:27

Kekeringan, Warga Probolinggo Berburu Air Bersih Hingga ke Lumajang

Warga antri air bersih/Rahadian/wartabromo.com

Leces (wartabromo) – Krisis air bersih di beberapa wilayah Kabupaten Probolinggo dalam beberapa bulan ini sudah sangat memprihatinkan. Sejumlah warga Dusun Buntes, Desa Tigasan Kulon, Kecamatan Leces bahkan nekat berburu air bersih hingga ke wilayah Gunung Tungu di Kabupaten Lumajang yang jaraknya mencapai 10 kilometer.

“Kami biasanya mengambil dari Gunung Tungu (Lumajang) yang jaraknya sekitar 10 kilo meter,” kata Ilawati (35),  warga Dusun Buntes, Selasa (23/9/2014).

Menurut Wati, selama 6 bulan terakhir kawasan Tigasan dilanda kekeringan. Warga harus bolak-balik ke Gunung Tungu dengan motor untuk mengambil air.

Menurut Wati, pemerintah setempat selama ini tidak pernah menyuplai air bersih ke desanya. “Hanya satu kali saja (suplai airnya) ke desa ini,” ujar Wati.

Tidak adanya suplai air bersih dari pemerintah terlihat saat truk tangki milik Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Probolinggo datang ke lokasi. Begitu tiba, puluhan warga langsung menyemut dan antri air bersih. Mereka membawa wadah air mulai dari ukuran 20 liter sampai 150 liter.

Berdasarkan data BPBD, sekitar ada 44 desa di 13 kecamatan yang mengalami krisis air bersih. Pemerintah setempat mengaku terus menyuplai air bersih secara bergiliran. Di lokasi tersebut memang baru kali ini disuplai air. (rhd/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Kawasan Gunung Arjuna-Welirang Dibuka Tanggal 1 Oktober

Sembilan Desa Alami Kering Kritis, 90 Ribu Liter Air Disalurkan