Kekeringan, Warga Probolinggo Berburu Air Bersih Hingga ke Lumajang

852
Warga antri air bersih/Rahadian/wartabromo.com

Leces (wartabromo) – Krisis air bersih di beberapa wilayah Kabupaten Probolinggo dalam beberapa bulan ini sudah sangat memprihatinkan. Sejumlah warga Dusun Buntes, Desa Tigasan Kulon, Kecamatan Leces bahkan nekat berburu air bersih hingga ke wilayah Gunung Tungu di Kabupaten Lumajang yang jaraknya mencapai 10 kilometer.

“Kami biasanya mengambil dari Gunung Tungu (Lumajang) yang jaraknya sekitar 10 kilo meter,” kata Ilawati (35),  warga Dusun Buntes, Selasa (23/9/2014).

Menurut Wati, selama 6 bulan terakhir kawasan Tigasan dilanda kekeringan. Warga harus bolak-balik ke Gunung Tungu dengan motor untuk mengambil air.

Menurut Wati, pemerintah setempat selama ini tidak pernah menyuplai air bersih ke desanya. “Hanya satu kali saja (suplai airnya) ke desa ini,” ujar Wati.

Baca Juga :   Tak Pengaruh OTT KPK, CV Mahadhir Tetap Lanjutkan Pekerjaan Proyek PLUT

Tidak adanya suplai air bersih dari pemerintah terlihat saat truk tangki milik Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Probolinggo datang ke lokasi. Begitu tiba, puluhan warga langsung menyemut dan antri air bersih. Mereka membawa wadah air mulai dari ukuran 20 liter sampai 150 liter.

Berdasarkan data BPBD, sekitar ada 44 desa di 13 kecamatan yang mengalami krisis air bersih. Pemerintah setempat mengaku terus menyuplai air bersih secara bergiliran. Di lokasi tersebut memang baru kali ini disuplai air. (rhd/fyd)