Genjot Perekonomian Desa Tertinggal dengan Program Desa Maslahat

644

Pasuruan (wartabromo) – Program Desa Maslahat untuk meningkatkan perekonomian warga desa tertinggal dimulai tahun ini. Desa-desa yang mendapat program ini akan didorong agar mampu memaksimalkan potensinya.

Pada tahun 2014, program ini akan difokuskan untuk 24 desa di 24 kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Kriteria desa-desa yang mendapat program tersebut antara lain tingkat pendidikan dan pendapatan yang rendah serta memiliki potensi yang bisa dioptimalkan.

Selain pemerintah desa, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan akan dilibatkan dalam program ini.

“Jika desa tersebut memiliki potensi air yang melimpah, maka sektor perikanan dan kolam ikan akan didorong dan dioptimalkan. Begitu juga jika potensinya ladang, maka akan didorong ke pertanian,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Rabu (8/10/2014).

Baca Juga :   Hendra Gunawan Dimakamkan di Dekat Makam sang Ayah

Demikian juga jika di desa tersebut terdapat banyak lahan kosong, maka akan didorong ke arah peternakan. “Jika memiliki potensi industri kreatif ya itu yang kita dorong. Kita dorong pendanaan dan pelatihan,” terang Irsyad.

Program ini akan menggunakan dana lintas SKPD. Dinas Perikanan, misalnya, akan mendorong desa yang memiliki potensi perikanan, Dinas Peternakan akan mendorong desa yang memiliki potensi ternak dan seterusnya. (fyd/fyd)