Karyawan Baru Pulang, Finer Milik PT Plywood Ludes Terbakar

1853

kebakaranPrigen (wartabromo) – Pabrik pengovenan kayu lapis (finer) di Dusun Kandangankrajan, Desa Bulukandang, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan ludes terbakar, Jum’at (24/10/2014) petang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Para pekerjanya sudah banyak yang pulang. Karena lautnya (selesai kerja) jam 4 sore,” kata Muslimin, salah seorang karyawan pada wartabromo di lokasi kejadian.

Menurutnya, kebakaran yang menimpa pabrik yang menggarap kayu lapis milik PT Plywood Bernas, Beujeng, Kecamatan Beji tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 Wib atau selang beberapa setengah jam setelah sebagian besar karyawan pulang.

Muslimin terkejut setelah tiba-tiba seorang temannya yang masih ada di dalam pabrik berteriak ketakutan.

“Saya mengiranya ada yang kesetrum,” ujar pria asal Desa Sukorame, Kecamatan Sukorejo yang saat itu sedang menunggu pembagian gaji di pos satpam depan pabrik.

Baca Juga :   Hormati Haul Solo, Pasangan Adjib Daftar Hari Rabu 10 Januari ke KPU

Sesaat kemudian, Ia melihat gumpalan asap membumbung tinggi dari lokasi gudang pengovenan yang kemudian melalap habis empat bagian gudang di pabrik tersebut.

Sejumlah karyawan yang masih ada di lokasi pabrik kemudian bahu-membahu untuk memadamkan api. Sayang, besarnya kobaran api membuat si jago merah sulit untuk ditaklukkan. Apalagi bahan yang ada di dalam gudang sangat mudah terbakar.

Setengah jam kemudian, sekitar pukul 17.00 Wib, satu unit mobil pemadam kebakaran akhirnya tiba di lokasi.

Dari pantaun wartabromo, hingga pukul 18.00 wib, api belum berhasil dijinakkan. Petugas dari kepolisian Polsek Prigen. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran.

“Dugaan sementara penyebab kebakaran dipicu dari pipa mesin oven yang pecah,” kata Aiptu Hari, Kanitreskrim Polsek setempat. (ono/yog)

Baca Juga :   Pemkab Probolinggo Beri Kesempatan 3b Bisa Ikut Lelang Jabatan Eselon 2

Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta. Pasalnya, selain bangunan, sebagian finer mesin ovennya juga ditengarai ikut terbakar. (ono/yog)