Waspada, 9 Kecamatan di Pasuruan Rawan Longsor

756

LongsorPasuruan (wartabromo) – Memasuki musim penghujan, sebanyak sembilan kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur menjadi daerah rawan longsor.

Ke-9 Kecamatan rawan longsor antara lain-daerah-daerah di wilayah Kecamatan Tosari, Puspo, Pasrepan, Lumbang, Tutur (Nongkojajar), Purwodadi, Purwosari, Prigen dan Gempol. Kecamatan-kecamatn tersebut, merupakan daerah yang berada di kawasan Pegunungan Bromo, Arjuno serta Gunung Penanggungan.

Pihak Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan sendiri telah menyaiagakan semua perangkat dan prasarana untuk meminimalkan jatuhnya korban jika terjadi bencana.

“Saat ini kita tengah berkoordinasi dengan semua anggota muspika di tiap-tiap kecamatan untuk mengkoordinasikan seluruh petugas yang ada untuk bersiap dan meminta warga bersiaga,” kata Yudha Triwidya Sasongko, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga :   Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan "Miskin" Blanko E-KTP

Selain rawan longsor, sejumlah daerah masuk dalam peta rawan banjir yakni Kecamatan Beji, Rembang, Bangil, Kraton, Winongan, Gondangwetan, Rejoso, Nguling, Grati dan Pohjentrek.

“Dalam waktu dekat akan digelar simulasi dan pelatihan lapangan sehingga saat bencana tiba, korban jiwa dapat dihindari,” tandas Yudha. (yog/yog)