12:11 - Jumat, 20 Juli 2018
Senin, 1 Desember 2014 | 10:45

Peringati Hari AIDS, Perawat Bagi 1000 Pita

yogi aidsPasuruan (wartabromo) – Hari AIDS se-dunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2014, hari ini. Diperingati oleh berbagai kelompok dan komunitas masyarakat di berbagai belahan dunia.

Di Kota Pasuruan, puluhan mahasiswa Akademi Keperawatan setempat menggelar aksi teatrikal serta membagikan seribu pita dan selebaran di perempatan jalan Pahlawan Kota Pasuruan.

“Kami ingin menginspirasi warga Kota Pasuruan untuk lebih peduli tentang bahaya virus AIDS,”ujar Endrik Kristiawan, koordinator aksi pada wartabromo.com.

Para Mahasiswa ini berkumpul tepat di bawah tugu Adipura sambil memperagakan sejumlah pengidap virus HIV/AIDS yang mulai sekarat dan mengalami penderitaan berkepanjangan. Sementara beberapa mahasiswa lainnya membagikan pita dan selebaran kepada para pengguna jalan yang kebetulan lewat.

“Ada seribu pita dan selebaran yang kita bagikan,” tegas Endrik.

Untuk diketahui, Human Immunodeficiensy Virus (HIV) adalah virus yang menyebabkan rusaknya sistem kekebalan manusia dan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kumpulan gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Saat HIV semakin berkembang dalam tubuh, orang yang terinfeksi akan kehilangan kekebalannya sehingga mudah terserang penyakit seperti penurunan berat badan secara drastis, batuk kering infeksi jamur dan lain-lain.

Untuk menghindari penyakit ini, jangan berhubungan dengan pasangan yang terinfeksi HIV, tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian dengan orang lain dan pastikan darah yang diambil dari produk darah orang lain telah melalui tes standart HIV. (yog/yog)

Lomba Lari Malam ‘Tretes Night Run’ Siap Digelar

111 Ibu Rumah Tangga di Pasuruan Menderita HIV/AIDS