BPBD Pasuruan Siaga Darurat Longsor

0
34

bpbd pasuruanPasuruan (wartabromo) – Musim hujan yang mulai turun sejak beberapa minggu terakhir membuat pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan mulai menyiapkan segala kemungkinan atas dua bencana yang kerap dialami oleh sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan yakni banjir dan longsor.

“Saat ini kita sudah siaga darurat banjir dan longsor,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Tri Yudha Widya Sasongko, Sabtu (13/12/2014).

Menurutnya, pihaknya tak ingin kecolongan terhadap sejumlah titik-titik rawan longsor yang ada di Kabupaten Pasuruan dengan melakukan persiapan termasuk memantau intensitas hujan yang terjadi seminggu terakhir.

“Perkiraannya hujan mengalami puncaknya pada bulan januari-pebruari 2015. Tapi yang pasti kita sudah siaga,” tegas Yudha.

Ada 10 kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang dianggap rawan banjir yakni Kecamatan Beji, Bangil, Rembang, Kraton, Rejoso, Grati, Nguling, Winongan, Gondangwetan dan Pohjentrek. Sementara untuk daerah yang rawan longsor yakni meliputi Tosari, Puspo, Pasrepan, Lumbang, Tutur (Nongkojajar), Purwodadi, Purwosari, Prigen dan Gempol. (yog/yog)