04:14 - Senin, 16 Juli 2018
Selasa, 30 Desember 2014 | 17:41

Jamaah Haul Kiai Hamid Bisa Bermalam di Pendopo Pasuruan

Foto: Begitu tiba di Pasuruan, sebagian jamaah haul langsung menuju pendopo Kabupaten Pasuruan. Mereka langsung melepas penat setelah perjalanan jauh dengan tidur. Sebagian lagi memanfaatkan waktu untuk mengaji/wartabromo.com

Pasuruan (wartabromo) – Haul ke-33 KH Abdul Hamid bin Abdulloh Umar akan dihadiri puluhan ribu jamaah dari pelosok negeri. Seperti tahun sebelumnya, kesibukan terlihat di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Kabupaten Pasuruan, yang disiapkan untuk tempat istirahat para jamaah, Selasa (30/12/2014).

Beberapa pegawai rumah tangga dan Banser tampak sibuk menyiapkan berbagai perlengkapan. Balai utama pendopo ditutup tabir berwarna hijau dan dipasang karpet. Lokasi tersebut sengaja disediakan untuk para jamaah yang datang dari berbagai daerah dan Jawa Timur, luar Jawa hingga luar negeri, beristirahat sebelum mengikuti rangkaian acara haul.

Balai utama pendopo dikhususkan untuk jamaah laki-laki, sementara untuk jamaah perempuan disiapkan sebuah aula di sisi timur.

“Ini kan setiap tahun. Sebagian besar jamaah sudah tahu kalau setiap haul pendopo dijadikan tempat istirahat,” kata Supriyadi, salah satu Banser.

Pukul 17.30, ratusan jamaan sudah memasuki pendopo. Areal pendopo akan dibanjiri jamaah saat malam tiba. Mereka semua akan didata untuk memudahkan pembagian konsumsi.

Jamaah yang sudah tampak datang berasal dari Banyuwangi, Malang, Madura, dan daerah lainnya. “Saya dikasih tahu istirahatnya di pendopo saja,” ujar Abdul Azis (14), seorang santri salah satu pondok pesantren di Rogojampi, Banyuwangi.

Ia mengaku datang bersama belasan temannya menumpang kereta. Begitu datang mereka langsung menuju pendopo untuk beristirahat atau mengaji. (fyd/fyd)

Filed in

Isi Libur Sekolah, Anak Pantai Main Ski di atas Lumpur

Ribuan Jamaah Haul Romo Kyai Hamid ke-33 Banjiri Kota Pasuruan