02:54 - Selasa, 17 Juli 2018
Selasa, 30 Desember 2014 | 21:10

Tanggul Ini Jebol Akibat Tanah Dikeruk Buat Batu Bata

Foto: Petugas dan warga mengecek tanggul yang diperbaiki/wartabromo.com

Kraton (wartabromo) – Tanggul Sungai Welang di Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan jebol diterjang banjir Minggu lalu. Tanggul berbentuk pelengsengan itu jebol karena tanah di sekitarnya digali warga untuk pembuatan batu bata.

“Ada unsur kesalahan manusia, ada pembuatan batu bata di sekitar lokasi yang tanahnya ambil di sekitar tanggul,” kata Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko, Selasa (30/12/2014).

Tanggul di sisi barat Welang tersebut jebol sepanjang 15 meter. Warga dan petugas BPBD kemudian membuat tanggul darurat dari tanah yang dimasukkan ke sand bag. Butuh puluhan sand bag untuk membentuk tanggul.

Ratusan rumah di Desa Tambakrejo dan Kelurahan Karangketug, Gadingrejo, Kota Pasuruan selalu terendam banjir akibat meluapnya Sungai Welang jika hujan lebat di daerah hulu, seperti Purwodadi, Purwosari dan Lawang. Sungai Welang berhulu di Gunung Arjuno sebelah timur.

Perbaikan tanggul disegerakan agar kampung tak terendam jika debit air tidak terlalu besar.

“Kami sudah identifikasi titik-titik rawan jebol lainnya,” jelas Yudha sembari menerangkan bahwa perbaikan tanggul secara permanen kewajiban pemerintah provinsi. (fyd/fyd)

Polisi Dalami Keterlibatan Orang Dekat dalam Pembunuhan Pelajar SMA Katolik

Truk Elpiji dan Motor Terbakar, Ini Kata Polisi