Taman Safari Prigen Siap Bantu Keluarkan Hiu Paus di PLTU Paiton

2244

image

Prigen (wartabromo) – Seekor hiu paus masuk dan terjebak dalam kanal di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, Probolinggo. Sampai hari ini, binatang besar dilindungi tersebut belum bisa dievakuasi.

Sebuah tim juga sudah dibentuk untuk mengeluarkan hiu tersebut. Meski demikian, jika diminta Taman Safari Indonesia II Prigen, Pasuruan, siap membantu.

“Jika diminta BKSDA atau pihak PLTU kami siap membantu,” kata Humas Taman Safari Prigen, Idham Rustian Pribadi, Selasa (10/2/2015).

Jika ada permintaan, pihaknya akan segera menuju lokasi untuk melakukan survei guna menentukan cara terbaik evakuasi ikan yang memiliki panjang sekitar 5-6 meter dan diperkirakan memiliki berat 6 ton tersebut.

“Kami memiliki sumber daya manusia dan peralatan yang memadai untuk melakukan evakuasi. Apalagi, tentunya kan melibatkan lembaga lain,” jelasnya.

Baca Juga :   Mogok di Tengah Rel, Mobil Rush Remuk Dihantam Kereta

Taman Safari, kata dia, sudah pernah melakukan evakuasi lumba-lumba yang terdampar di teluk di Medan, dan berhasil. Menurut dia, sebenarnya evakuasi tersebut tidak sulit dan hanya membutuhkan kesabaran untuk menggiringnya. (fyd/fyd)