Telan Anggaran Rp. 3,3 Miliar, Gedung Baru BPBD Kota Pasuruan Diresmikan

540

image

Purworejo (wartabromo) – Walikota Pasuruan, Hasani, meresmikan Gedung Baru milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan, Senin (16/2/2015 ). Gedung baru yang dibangun di jalan raya Sekargadung, Kecamatan Purworejo, Pasuruan tersebut menelan anggaran sekitar Rp. 3,333 Miliar.

“Pembangunannya sesuai dengan yang diharapkan, yakni 4 bulan, ” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Pasuruan, Setyo Hadi.

Dijelaskannya,  gedung BPBD Kota Pasuruan sendiri berdiri di atas tanah seluas 1980 meter persegi, dengan luas bangunan gedung utama mencapai 325,44 meter persegi, kemudian garasi PMK seluas 357,75 meter persegi, dan pos penjagaan seluas 18 meter.

“Kalau total penggunaan untuk bangunan mencapai 701,19 meter persegi, dan sisanya adalah tanah yang digunakan sebagai lalu lalang kendaraan,” imbuhnya.

Baca Juga :   Irsyad Yusuf : Wakil Rakyat asal PKB Tak Ada yang Korupsi

Dengan diresmikannya gedung baru, secara otomatis seluruh peralatan yang sebelumnya berada di kantor lama, yakni di jalan Balaikota, kini sudah dipindahkan sepenuhnya di kantor baru.

Sementara eks Kantor BPBD Kota Pasuruan akan digunakan sebagai Rumah Dinas Ketua DPRD Kota Pasuruan.

“Rencananya seperti itu, tapi masih kita lihat peruntukannya, apakah benar-benar layak atau tidak. Kalau layak maka tinggal merubah sedikit, tapi kalau tidak, ya terlebih dulu harus dibongkar atau direnov kalau digunakan sebagai rumah dinas,” ujar Walikota Pasuruan, Hasani.

Selain meresmikan penggunaan gedung baru, Hasani juga meresmikan program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) yang berasal dari APBN (anggaran pendapatan dan belanja negara) sebesar Rp 3,15 Milliar.

Baca Juga :   Sebrangi Sungai saat Banjir, Gadis asal Malang Hilang Terbawa Arus

Sanimas tersebut dialokasikan untuk 9 BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat), diantaranya Sanimas Purut Kembang sebanyak 2 BKM, Sanimas BKM Pohjentrek, Gajah Mada, Erlangga, Anugerah, Taman Sari,Barokah dan Amare. (eml/yog)