Mantan Ketua MUI Kota Pasuruan, KH. Achmad Dhofir Wafat

1749

image

Pasuruan (wartabromo) –  Ratusan warga Kota dan Kabupaten Pasuruan mengikuti Sholat Jenazah Almarhum KH. Achmad Dhofir Asari, mantan Ketua MUI Kota Pasuruan yang juga Ayahanda Ketua PC. GP. Ansor Kabupaten Pasuruan, Farid Syauqi, Minggu (22/2/2015) pagi.

Pantauan wartabromo di lokasi, Duka tampak menyelimuti para pen-takjiyah yang datang ke rumah Almarhum di Jalan Wahidin Sudirohusodo Kota Pasuruan ini.

Almarhum KH. Achmad Dhofir Asari wafat diusianya yang ke-77 pada hari Sabtu (21/2/2015) kemarin, sekitar pukul 14:30 Wib.

Daniyal Yusuf, salah seorang kerabat dekat Almarhum mengatakan, sebelumnya, tidak ada tanda-tanda jika KH. Achmad Dhofir Asari akan meninggal, pasalnya beliau masih sempat menghadiri acara tahlilan rutin dan jadi imam sholat subuh berjamaah di masjid dekat kediamannya, Sabtu (21/2/2015) pagi.

Baca Juga :   Ribuan Miras, Narkoba dan Knalpot Brong Dimusnahkan

“Beliau tidak sakit apa-apa, cuma ngelu kakinya sakit, ” ujar Daniyal saat ditemui di rumah duka.

Semasa hidupnya, KH. Achmad Dhofir Asari dikenal sebagai sosok kyai yang getol mensyiarkan agama islam di Kabupaten dan Kota Pasuruan. Beliau pernah aktif sebagai Pengurus Ansor NU serta pernah menjabat sebagai Ketua MUI Kota Pasuruan.

“Terakhir beliau aktif sebagai Wasis Thoriqoh Idaroh Wusto di wilayah (Jatim), ” tambah putra Alm. KH. Jusbakir Al-Jufri, mantan Bupati Pasuruan tersebut.

Usai disholatkan, Jenazah selanjutnya dimakamkan dengan diantar ratusan pentakziah di pemakaman umum Untung Surapati, Mancilan Kota Pasuruan. (yog/yog)