Tangkapan Ikan Menipis, Polair Polres Pasuruan Tabur Benih Ikan di Laut

0
70

image

Pasuruan (wartabromo) – Ribuan benih ikan ditaburkan di perairan laut Pasuruan oleh Polres Pasuruan melalui Polair setempat, Kamis (2/5/2015) siang. Penaburan benih ikan berbagai jenis ini dilakukan sebagai upaya pelestarian sumber daya laut menyusul kian menipisnya hasil tangkapan ikan para nelayan.

Sebanyak 30 ribu jenis ikan Bandeng, Nila laut, Kakap dan Kerapu dilepas di laut lepas Perairan Pasuruan oleh petugas Polair setempat beserta nelayan setempat dan dinas terkait.

Kapolres Pasuruan AKBP Ricky Purnama mengatakan kegiatan restocking sumber daya laut tersebut dilakukan sebagai wujud dukungan polisi terhadap upaya peningkatan ketahanan pangan sebagai salah satu program pemerintah saat ini.

“Penaburan benih ikan di Perairan umum Polres Pasuruan 30.000 ekor benih ikan ini kita harapkan bisa dimanfaatkan nantinya oleh  nelayan sekaligus sebagai upaya pelestarian lingkungan, ” tutur Kapolres Pasuruan yang ikut menyebar benih di tengah laut.

Sementara itu, upaya penaburan benih ikan ini mendapatkan respon positif dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasuruan menyusul kian menipisnya hasil tangkapan ikan nelayan selama beberapa tahun terakhir.

“Hasil tangkapan ikan per tahun sekitar 7.800 ton. Tipis sekali peningkatannya pertahun. Padahal jumlah Rumah tangga nelayan kita mencapai sekitar 7.500-an, ” Kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasuruan, Slamet Nurhandoyo saat ditemui di lokasi.
Pihaknya berharap kegiatan restocking benih ikan ini mampu menambah sumber daya laut di perairan Pasuruan serta memberikan kesadaran kepada masyarakat nelayan untuk tidak menggunakan alat tangkap ikan berbahaya seperti minitrol atau bondet.

“Selama ini untuk mendapatkan tangkapan ikan, nelayan kita mencari sampai selat madura, “ujarnya. (yog/yog)