Bison Amerika Koleksi TSI II Prigen Melahirkan

0
3

Bison-TSI-II-PrigenPrigen (wartabromo) –  Untuk kedua kalinya, bayi Bison berjenis kelamin betina, lahir di TSI II Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Bayi yang dinamai Keyza itu lahir, dari indukan pejantan Kiasulin (9) dan betina Nanduira (10), yang merupakan Bison Pertama Amerika kiriman dari Taman Safari Jepang, 2009 lalu.

Mulyono (38), Keeper yang mendampingi proses persalinan Induk Nanduira mengatakan, tidak ada kendala yang ditemui selama proses bunting hingga melahirkan.

“Kelahiran Keyza berlangsung lancar dan normal. Tidak ada kesulitan. Kami hanya memantau dari dekat saja,” Kata Mulyono sembari memberi makan Kayla dan kedua induknya.

Ditambahkannya, Induk betina Nanduira sendiri telah dipisahkan dengan pejantan Kiasulin sebulan jelang masa melahirkan. Hal itu dilakukan untuk mengurangi stress serta membantu betina untuk lebih cepat melahirkan tanpa ada gangguan dari hewan yang lain.

“Ini menjadi kado bagi TSI II Prigen,” imbuhnya.

Dengan lahirnya Keyza, total koleksi bison amerika TSI II menjadi 4 ekor setelah oktober 2013 lalu, anak pertama Nanduira lahir, yakni Kayla yang kini berumur 2 tahun. Sedangkan untuk bison jenis eropa, seluruhnya berjumlah 8 ekor dengan rincian 3 pejantan dan 5 betina.

“Kalau makannya sama yakni rumput gajah dan rumput jagung, tapi keduanya tidak boleh disatukan, karena berbeda jenis dan ukuran badan. Makanya kami pisahkan keduanya,” tandasnya. (eml/yog)