Pabrik Farmasi MSD Pandaan Bangun Tandon Air Untuk Warga

0
155
Pabrik-MSD-Pandaan
Novian Zein, Plant Director MSD didampingi oleh Kepala Dusun Kali Tengah, Sukarwati dan Kepala Desa Karang Jati Pandaan beserta Muspika setemmpat pada saat penyerahan sumur dan tandon air di Pandaan, Senin (6/4/2015).

Pandaan (wartabromo) – Warga Dusun Kali Tengah, Desa Karang Jati, Pandaan kini tak lagi khawatir bakal kesulitan air bersih saat kemarau. Pasalnya, Pabrik Merck Sharp & Dohme (MSD) yang berlokasi di Pandaan telah memberikan bantuan berupa pembangunan bak penampungan air bersih (tandon) bagi masyarakat sekitar di dusun setempat.

Plant Director MSD, Novian Zein mengatakan, pihaknya mengaku senang bisa membantu masyarakat di sekitar pabrik guna meringankan kesulitan mendapatkan air bersih selama musim kemarau.

“Kami bersyukur, akhirnya pembangunan bak penampungan atau tandon air ini selesai dilakukan, sesuai dengan kesepakatan bersama antara kepala desa dan warga masyarakat. Semoga adanya bantuan ini, bisa meringankan kesulitan warga untuk mendapatkan air bersih pada musim kemarau,” kata Novian Zein, Plant Director MSD.

Pembangunan bak penampung air ini sekaligus melengkapi bantuan sebelumnya, yakni berupa pembangunan sumur air tanah yang telah selesai dibangun pada Juni 2014 lalu.

“Air bersih nantinya dapat mengalir hingga ke masing-masing rumah yang membutuhkannya melalui pipa-pipa distribusi yang sudah tersedia di warga,” lanjutnya.

Dijelaskannya, pembangungan tandon air itu sendiri dimulai sejak Oktober 2014 dan selesai pada bulan Februari 2015 dengan sumber dana CSR perusahaan sebesar kurang lebih Rp 220 juta. Warga yang diwakili oleh tokoh masyarakat Dusun Kali Tengah terlibat sejak awal pembangunan, mulai dari desain hingga pengawasan karena berlokasi persis di area Balai Dusun Kali Tengah.

Sumur air tanah dan tandon air itu memiliki kapasitas 10 M3 dan mampu mensuplai kebutuhan air bersih untuk 2 RW di Dusun Kali Tengah dengan jumlah penduduk sekitar 350 Kepala Keluarga. Pengelolaan dan pemeliharaan selanjutnya akan dilakukan secara swadaya oleh warga.

Sementara itu, Corporate Communications Manager MSD, Diah Ira Setyawati mengatakan pihaknya senantiasa melakukan program sosial korporat bagi masyarakat di sekitar pabrik, salah satu contohnya, pada 2012 MSD telah memberikan donasi senilai US$ 20,000 untuk beasiswa kepada murid sekolah yang tidak mampu dan pembiayaan atas renovasi sekolah TK di Desa Karang Jati. (*/yog)