Seminggu Paska Banjir Bandang, Bupati Datang Serahkan Bantuan

0
24

banjir-pasuruanPasrepan (wartabromo) – Tepat seminggu paska banjir, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf akhirnya datang ke lokasi banjir di Desa Rejosalam Kecamatan Pasrepan, Pasuruan, Jumat (10/4/2015). Orang nomer satu di Kabupaten Pasuruan tersebut menyerahkan bantuan kepada korban banjir bandang di daerah setempat ditemani oleh Sekda, Ketua DPRD, sejumlah SKPD serta PC GP Ansor dan Muslimat Kabupaten Pasuruan.

“Ini adalah musibah. Yang sabar nggeh,” kata Irsyad saat memberikan sambutannya di hadapan warga Desa Rejosalam Kecamatan Pasrepan.

Irsyad berpidato di sebuah teras rumah milik warga setempat yang diberi tenda terpal sederhana berhadapan dengan warga yang sudah antri akan menerima dana bantuan sosial dari pemerintah daerah tersebut. Secara simbolis, bantuan berupa dana sosial untuk perbaikan rumah diberikan kepada 17 warga yang rumahnya rusak berat.

Bantuan sosial yang bersifat perorangan tersebut diberikan kepada korban banjir bandang yang rumahnya hanyut terbawa arus saat banjir bandang.

Usai memberikan bantuan, selanjutnya, Bupati yang mengenakan baju putih bersih itu ditemani Kepala Dinas Binamarga dan Pengairan melihat secara langsung kondisi jembatan dan sungai yang tak jauh dari lokasi penyerahan bantuan, sebelum akhirnya kembali pulang.

Sebagaimana diketahui, Desa Rejosalam Kecamatan Kejayan merupakan daerah terparah di Kecamatan Kejayan yang terkena banjir bandang bercampur lumpur pada Jumat, pekan lalu. Data BPBD Kabupaten Pasuruan, tercatat sebanyak 17 rumah hanyut terbawa arus banjir di Desa setempat.

Total anggaran bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah yakni sebanyak Rp. 266 juta yang diambil dari pos dana bantuan sosial tidak terencana dan hanya bersifat perorangan untuk 8 rumah di Desa Klinter Kecamatan Kejayan dan 17 rumah di Desa Rejosalam Kecamatan Pasrepan. (yog/yog)