Pasuruan Corner Resmi Dibuka, Nasi Bromo Harus Dicoba

0
1

Nasi-BromoPasuruan (wartabromo) –  Jika anda kebetulan melintas di jalur pantura wilayah Pasuruan-Probolinggo atau sebaliknya dan ingin menikmati makanan khas perpaduan kawasan pegunungan dan pesisir pantai maka alangkah baiknya untuk mampir di Pasuruan Corner di jalan raya Grati, Pasuruan.

Pasalnya, ada satu menu andalan dari pusat oleh-oleh dan jajanan yang diresmikan oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf pada Rabu (15/4/2015) hari ini yakni Nasi Bromo.

Makanan ini merupakan perpaduan antara makanan masyarakat pesisir pantai dengan masyarakat pegunungan. Perpaduan nasi putih bercampur empok (jagung yang sudah halus) yang disajikan bersama lauknya yakni ikan Pe yang dimasak bersama dengan sayuran pegunungan, tempe bacam, dan dadar jagung memperlihatkan jika makanan ini memiliki rasa dan ciri yang khas.

“Jadi yang bikin lezat ini, nasinya empuk, iwak (ikan) Pe dan dadar jagungnya bikin nikmat, ” kata Irsyad seusai menikmati Nasi Bromo yang diperkenalkan oleh Bu Pon, warga Lekok, Pasuruan.

pasuruan-corner
Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menunjukkan produk olahan hasil laut yang sudah dikemas dan dipasarkan di Pasuruan Corner, Grati / wartabromo

Irsyad Yusuf pun merekomendasikan kepada para pengguna jalan atau masyarakat umum untuk mampir ke Pasuruan Corner, pusat sentra usaha kecil dan menengah di kawasan Pasuruan Timur yang dikelola bersama oleh PC GP Ansor Kabupaten Pasuruan ini.

“Ini merupakan upaya kita untuk menumbuhkan ekonomi kreatif dengan cara mendorong sektor UKM dan IKM di kawasan Pasuruan timur,” jelas Irsyad.

Sementara itu, manager Pasuruan Corner, Kosim mengatakan masyarakat bisa berbelanja secara langsung produk UKM Pasuruan Timur dengan nyaman dan aman mulai dari produk olahan laut hingga kerajinan tangan khas Kabupaten Pasuruan.
“Lahan parkirnya luas. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan para pelaku UKM,”kata Pria yang juga Ketua PAC Ansor Kecamatan Lekok tersebut. (yog/yog)