09:38 - Senin, 16 Juli 2018
Selasa, 21 April 2015 | 09:49

Hari Kartini, Pelajar Putri SMAN Kejayan Jahit Bendera 100 Meter

image

Kejayan (wartabromo) – Ratusan pelajar putri SMAN 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan memperingati hari kartini yang jatuh pada tanggal 21 April dengan menjahit bendera merah putih sepanjang 100 meter.

Suasana pagi riuh saat 325 pelajar putri SMAN 1 Kejayan memenuhi halaman Sekolahnya. Dua buah kain masing-masing sepanjang 100 meter berwarna merah dan putih dibentangkan dengan cara dipegang satu persatu siswi yang berdiri melingkar memanjang.

Sambil diiringi lagu ‘Ibu Kartini’ satu persatu siswi yang sudah memegang jarum dan benang pun langsung memulai jahitan tangan untuk menjadikan dua lembar kain tersebut sebagai bendera kebangsaan.

Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Kejayan, Edy Santoso mengatakan, kegiatan ini semata-mata dilakukan untuk mengajak siswa siswinya mengenang jasa sosok Kartini sekaligua menggugah rasa cinta tanah air di kalangan pelajar.

“Kita berharap momen hari kartini sebagai salah satu penggugah anak-anak untuk cinta tanah air sekaligus menunjukkan bahwa seorang wanita memiliki kesempatan yang sama untuk mengarungi pendidikan dan kesempatan dunia kerja, “urai Edy.

Semangat dan kepiawian, para pelajar putri untuk menyelesaikan jahitannya membuat bendera merah putih tak membutuhkan waktu yang lama untuk dibentangkan di halaman sekolah. Bahkan, dengan membentuk barisan yang rapi, kain bendera sepanjang 100 meter itu pun membentuk lambang cinta sebagai simbol rasa cinta mereka pada Indonesia.

“Saya sangat senang, karena dengan momen kreatif ini kita jadi tahu dan menambah kecintaan pada tanah air,” kata Magdalena, salah seorang siswi.

SMAN 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan sendiri memiliki jumlah perempuan yang cukup banyak dibanding pelajar laki-lakinya sehingga dominasi perempuan cukup banyak dalam setiap kegiatan.

“Hampir 60 persen pelajar disini perempuan, “pungkas Edy santoso. (yog/yog)

Filed in

Soal TKW, Dinsosnakertrans Pasuruan Tunggu Atase Kedutaan

Roda Ekonomi Wisata Kuburan