Hanya Punya 1 Unit, Mobil Perpustakaan Keliling Usulkan Ditambah

0
69

mobil-perpustakaanPasuruan (wartabromo) – Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasuruan berharap mendapatkan perhatian agar diberikan tambahan unit mobil perpustakaan keliling untuk menjangkau seluruh 24 Kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.
Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasuruan, Tasripin mengatakan, sejak tahun 2006 , Pemkab Pasuruan hanya memiliki satu unit mobil perpustakaan keliling dan 1 mobil pintar yang sudah ada sejak tahun 2003 lalu.

“Kalau satu mobil saja memang masih kurang, kami banyak sekali minat membaca masyarakat, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan,” kata Tasripin pada wartabromo.

Menurutnya, satu unit mobil perpustakaan keliling tidak sebanding dengan luas wilayah Kabupaten Pasuruan yang mencakup 24 kecamatan. Idealnya, minimal harus ada lima mobil perpustakaan keliling, sehingga intensitas kunjungan lebih banyak.

“Keberadaan mobil perpustakaan keliling tersebut akan sangat membantu masyarakat, utamanya di kecamatan yang tidak memiliki perpustakaan umum,” tambahnya.

Untuk itu, Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasuruan akan mengusulkan pembelian satu lagi mobil perpustakaan keliling, melalui PAK tahun 2015 ini.

“Kalau mobil perpustakaan keliling jumlahnya banyak, maka otomatis kami yakin akan dapat meningkatkan minat baca, khususnya warga di pedesaan atau yang jauh dari kota,” terangnya.

Sementara itu, sampai sejauh ini, untuk mengimbangi kurangnya mobil perpustakaan keliling, pihaknya mengajak masyarakat untuk benar-benar memanfaatkan perpustakaan umum yang ada di 7 kecamatan, yakni Pandaan, Purwosari, Nguling, bangil, gondangwetan, tosari dan grati. Selain itu, diharapkan juga masyarakat dapat mengakses 48 perpustakaan desa yang sudah ada, serta 15 perpustakaan desa yang tengah dibangun pada tahun ini.(eml/yog)