15:11 - Jumat, 23 November 0942
Selasa, 2 Juni 2015 | 16:16

Jelang Ramadhan, Warga Larung Unggas Putih di Danau Ranu Grati

image

Grati (wartabromo) –  Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1436 Hijriyah, warga Dusun Parasan Kelurahan Grati Tunon Kecamatan Grati menggelar tasyakuran di tepi danau ranu. Seperti yang terlihat pada Selasa (2/6/2015) siang.

Ratusan warga berkumpul di tepi danau ranu grati untuk mengikuti slametan dan larung sesaji danau ranu sebagai ungkapan rasa syukur terhadap yang kuasa.

Dalam upacara larung sesaji kali ini, usai menggelar doa bersama yang dilakukan di tepi danau.  Puluhan Warga kemudian mengelilingi danau ranu dengan menggunakan perahu motor yang biasanya di pakai untuk transportasi menuju karambahnya sambil membawa makanan yang telah dikumpulkan oleh warga.

Saat berada tepat di tengah danau, Seekor ayam warna putih dan seekor itik yang juga warna putih kemudian di larung di tengah danau ranu.

Menurut Ketua panitia, H. Maksum, kegiatan rutin tahunan ini merupakan bentuk terima kasih warga Dusun Parasan kepada Allah SWT, dimana sebagian besar warga disini merupakan petani dan nelayan karamba.

“Kita berdoa kepada Allah SWT, sebagai bentuk rasa terima kasih. Dan kita meminta supaya warga Dusun Parasan di jauhkan dari balak, serta meningkatnya panen ikan di karambah danau ranu,” terang H. Maksum, yang juga salah satu tokoh agama di Dusun Parasan Kelurahan Grati Tunon. (har/yog)

Komentar Anda

Komentar

Filed in

“Saya Ingin Tetap Ada, Nggak Mati”

Banyak Gadis Cantik Berbaju Daur Ulang di Pendopo Pasuruan