16:45 - Sabtu, 25 November 2017
Jumat, 12 Juni 2015 | 20:43

Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Gempol-Pandaan

jokowi-tol-gempol-pandaanPandaan (wartabromo) – Setelah seminggu lalu sempat tertunda, Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan pengoperasian Jalan Tol Gempol-Pandaan, di Gerbang Tol Pandaan, Pasuruan, Jumat (12/6/2015) siang.
Rombongan mobil Presiden memasuki lokasi melalui Gerbang tol Gempol ke lokasi acara dengan mendapatkan pengawalan dari Paspampres.

Jokowi yang datang mengenakan batik ini didampingi oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono serta Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Dalam pidatonya Jokowi berharap agar pembangunan jalan tol Gempol-Pandaan tidak hanya melayani pergerakan manusia tetapi juga pergerakan barang dan jasa di Jawa Timur.

“Percepatan yang harus kita lakukan, Jalan tol tidak hanya melayani pergerakan manusia tetapi juga pergerakan barang, pergerakan jasa, khususnya di wilayah Jawa Timur dan nantinya Pulau Jawa,” kata Presiden.

Pembangunan Jalan Tol Gempol–Pandaan yang menelan biaya investasi sebesar Rp 1,472 triliun tersebut dikerjakan oleh PT Jasa Marga Pandaan Tol yang pemegang sahamnya dimiliki antara lain oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (78,58% saham), PT Jalan Tol Kabupaten Pasuruan (11,84%), dan PT Margabumi Matraraya (9,58%).

PT Jasamarga Pandaan Tol sendiri nantinya berhak atas masa konsesi selama 37 tahun terhitung sejak tanggal penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK), yaitu tanggal 3 Oktober 2012. Dengan tarif tol awal tahun 2015 untuk golongan I ditetapkan sebesar Rp 10.000 atau Rp 818 per kilometer.

Secara keseluruhan jalan tol Gempol-Pandaan memiliki panjang 13, 61 Kilometer. Tahap II dari jalan tol ini akan dioperasikan bersamaan dengan pengoperasian jalan tol Pandaan-Malang yang saat ini masih dalam tahap pengadaan tanah.
Jalan tol ini menghubungkan Jalan Tol Pandaan–Malang, dan terkoneksi dengan Jalan Tol Gempol–Pasuruan untuk ke arah timur dan Jalan Tol Porong–Gempol untuk ke arah utara.

“Saya berharap semua tol di Jawa ini akan tersambung. Tadi sudah sanggup rampung tahun 2018. Gak usah saya catat. karena saya ingat,” kata Jokowi yang disambut tepuk tangan.

Usai acara, mobil Presiden Joko Widodo menjadi kendaraan pertama yang memasuki pintu gerbang tol Pandaan dan mengambil kartu tol pertama. (yog/yog)

Komentar Anda

Komentar

Usaha Potong Rumput, Perusda PT Jalan Tol Dikritisi

Jokowi Gratiskan Tarif Tol Suramadu Untuk Roda Dua