Jelang Upacara 17 Agustus, Pendaki Gunung Arjuno Capai 1.500 Orang

1316

image

Prigen (wartabromo) – Menjelang Peringatan HUT kemerdekaan RI ke-70 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2015, besok. Jumlah pengunjung di pos ijin pendakian gunung Arjuna, Welirang dan gunung Ringgit di Tretes Prigen Pasuruan mengalami peningkatan yang signifikan.

Menurut koordinator pendakian Taman Hutan Raya (TAHURA), Agus Budi Utomo, pihaknya mencatat sejak hari Jumat sampai Minggu (16/8/2015) siang, lebih dari 1.500 pendaki melapor untuk melakukan pendakian.

“1500 lebih mas yang sudah kita catat di buku daftar tamu” ungkap Agus.

Pendaki tidak saja berasal dari jawa timur, namun juga berasal dari jawa barat termasuk Jakarta. Ijin pendakian secara online yang dilakukan pengelola gunung Semeru turut mempengaruhi jumlah pendaki di gunung Arjuna.

Baca Juga :   50 Persen Perusahaan di Pasuruan Langgar Pembayaran THR

Lebih lanjut dikatakan Agus, Kapasitas pendaki digunung Semeru 3000 orang dan saat ini pendaftar melalui online telah over load sehingga banyak pendaki beralih ke gunung Arjuna.

“Sekarang petugas gunung Semeru mengutamakan pendaftar yang online” ujar Agus.

Pengelola TAHURA membekali para pendaki dengan kantong plastik kosong untuk digunakan para pendaki mengumpulkan sampah dari sisa perbekalan yang dibawa.

“Mereka kita sarankan untuk membuang sampah diplastik yang dari kita, dan dibawa turun saat mereka kembali,” ungkap Agus.

Banyaknya jumlah pendaki kali ini karena mereka dimungkinkan akan melakukan upacara kemerdekaan HUT RI dipuncak Arjuna. (egy/yog)