Pemkab Siapkan Karantina 9 Eks PSK Papua Asal Pasuruan

865

image

Pasuruan (wartabromo) – Sembilan dari 61 eks PSK asal Jawa Timur yang dipulangkan dari Tanjung Elmo Jayapura, Kabupaten Jayapura, Papua, merupakan warga Kabupaten Pasuruan. Para eks PSK ini akan dipulangkan ke daerah masing-masing

Pemerintah Kabupaten Pasuruan akan menerima kedatangan mereka saat dipulangkan. Tentunya para eks PSK ini akan dikarantina untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Jika dalam tes medis mereka positif mengidap penyakit mematikan seperti HIV/AIDS, tentu saja pemerintah akan mencarikan solusi.

“Tak mungkin membiarkan mereka langsung hidup di tengah masyarakat karena pasti mendapat resistensi,” kata Bupati Pasuruan, M Irsyad Yusuf, Selasa (1/9/2015).

“Untuk itu (yang positif HIV/AIDS) kita akan carikan solusinya dengan Dinas Kesehatan. Tapi mudah-mudahan semua negatif,” imbuhnya.

Baca Juga :   Digelar di Tretes, Pelatihan Jurnalistik Pelajar Berlangsung Seru

Sebagai warga Pasuruan, lanjut Irsyad, tentu mereka akan diterima dan diperlakukan dengan baik. Mereka akan diberikan bantuan pelatihan kerja dan dana agar bisa digunakan untuk merintis usaha.

“Dinas Sosial nanti yang akan menyiapkan segala sesuatunya,” jelas Irsyad.

Setelah meninggalkan Papua pada Jumat (21/8/2015), eks PSK Lokalisasi Tanjung Elmo, Jayapura, tiba di Pelabuhan Tanjung Perak. Dari Surabaya, mereka akan dipulangkan ke daerah masing-masing. (fyd/fyd).