Cihuy! Kawanan Hiu Paus Kembali ‘Sapa’ Nelayan Pasuruan

0
50
Seekor hiu paus di Perairan Pasuruan yang muncul di permukaan, Selasa (15/9/1025)

Pasuruan (wartabromo) – Sekitar 25 ekor hiu tutul (whale shark) terlihat di Perairan Pasuruan. Kawanan hewan besar yang juga sering disebut hiu paus ini datang ke perairan dangkal dan hangat untuk mencari sumber makanan, plankton dan ikan-ikan kecil.

Kawanan hiu tutul sering datang ke Perairan Pasuruan. Biasanya mereka mulai tampak pada bulan Agustus-September.

Para nelayan juga sudah terbiasa melihat kawanan ikan raksana tersebut melintasi perahu-perahu mereka atau si mulut besar menganga menyaring ikan-ikan kecil dan plakton Kadang, nelayan terjun ke laut untuk bermain dengan ikan jinak tersebut.

“Katanya sudah lima hari datang, tapi saya baru hari ini melihat,” ujar Marjuki, salah seorang nelayan, Selasa (15/9/2015).

Perairan Pasuruan memang kaya dengan plankton yang otomatis juga menjadi habitat ikan. Selain di Pasuruan, kawanan ikan penjelajah samudra ini biasa muncul di Perairan Bentar, Probolinggo, yang juga memiliki sumber makanan melimpah.

Kehadiran hewan yang mampu hidup hingga 70 tahun ini sering menarik perhatian khalayak. Biasanya setelah tahu ada kawanan hiu datang, banyak penyewa perahu yang ingin melihat dari dekat.

“Yang saya tahu, yang tampak ke permukaan berukuran antara 5-6 meter,” kata petugas Sat Pol Air Pasuruan, Bripka Laswanto, yang tengah patroli di laut. (fyd/fyd)