Rumah di Pemukiman Padat Pandaan Terbakar, 1 Unit Damkar Diterjunkan

729

image

Pandaan (wartabromo) – Sebuah rumah Lingkungan 1, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Pandaan terbakar. Peristiwa ini membuat warga geger karena lokasi kebakaran di tengah pemukiman padat.

Kebakaran terjadi di rumah Sudarwanto (56), pukul 21.30 WIB, Jumat (9/10/2015). Saat kejadian kondisi kampung tengah sepi.

Beruntung, kebakaran segera diketahui pemilik rumah dan warga. Dibantu tetangganya, Sudarwanto berusaha keras memadamkan api. Usaha warga dan pemilik rumah berhasil. Api dijinakkan.

Meski demikian, satu unit mobil PMK dari PT HM Sampoerno didatangkan ke lokasi untuk melakukan pembasahan dan memastikan api benar-benar padam.

Kepada wartabromo.com, Sudarwanto mengaku, saat kebakaran terjadi dirinya bersama 2 anak dan cucunya berada di lantai dasar menonton televisi. Tiba-tiba terdengar warga dari luar rumah yang berteriak ada kebakaran.

Baca Juga :   Jelang Akhir Tahun, DPRD Pasuruan Kebut 13 Raperda

Mendengar teriakan kebakaran, Sudarwanto bergegas lari ke belakang rumah dan mendapati ruang dapur rumahnya sudah dipenuhi asap dan suara benda-benda jatuh akibat terbakar.

“Saya nggak tau kalau yang terbakar itu rumah saya, tahunya ya itu setelah saya lari ke dapur sudah penuh asap,” tutur Sudarwanto.

Mengetahui bagian rumahnya terbakar, Sudarwanto segera menyuruh istri, anak dan keponakan yang ada dilantai dasar untuk segera keluar. Sudarwanto sendiri langsung lari ke lantai dua yang disewakan untuk kos-kosan untuk memberi tahu penghuni kos.

“Dilantai dua ada 5 kamar untuk kos-kosan mas, tapi yang dihuni cuma 2,” tambah Sudarwanto.

Saat kejadian penghumi kos, Amik (35) tidak berada di tempat, namun berdasarkan keterangan warga, dari salah satu kamar terlihat ada televisi yang menyala.

Baca Juga :   Koran Online 13 Juli : Proyek Umbulan Diminta Ditinjau Ulang, hingga Walikota Pasuruan Terima Penghargaan

“Sukurlah api nggak sampai besar dan warga cepat membantu,” pungkas Sudarwanto. (egy/fyd)