Sudah Empat Hari, Hutan Gunung Arjuno Masih Terbakar

950

kebakaran gunung arjunoPrigen (wartabromo) – Kebakaran hutan di kawasan Gunung Arjuno belum padam hingga malam ini. Bahkan api mulai merambat ke bawah.

Kebakaran terjadi di Blok Persil, Ransang Barat, Rangsang Selatan, Gumandar, Cemoro Kerep, Bulak, Sepiar “dan sekarang mulai turun ke Blok Pangeran,” kata Sekretaris Kelompok Tani Tahura, M Dardiri, Minggu (11/10/2015) malam.

Kebakaran hutan di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo ini sudah berlangsung sejak Kamis lalu. Musim kemarau dan cuaca panas serta medan yang sulit dijangkau membuat upaya pemadaman terkendala. Apalagi jumlah personel Tahura tidak memadai.

Kawasan Tahura ditumbuhi cemara gunung dan pinus yang berusia ratusan tahun dan menjadi habitat kijang, kera hingga macan tutul.

Baca Juga :   Mayday di Pasuruan, Polisi Kerahkan 550 Personilnya

Pada  9 Juni 2015 lalu, kawasan Gunung Arjuno ditetapkan sebagai Kawasan cagar biosfer, yakni kawasan sistem ekologis global  penyatuan mahluk hidup dengan alam sekitarnya oleh United Nation Education Scientific Cultural Organisation (Unesco) PBB, bersama Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru (TNBTS). (fyd/fyd)