Hacker Acak-acak Situs Resmi Pemkab Probolinggo

1058

???????????????????????????????Kraksaan (wartabromo) – Ulah para peretas (hacker) untuk mengacak-acak situs kian merajalela. Kali ini, giliran situs resmi milik Pemkab Probolinggo di laman http://www.probolinggokab.go.id/ yang diacak. Akibat ulah si hacker tersebut, situs yang menjadi salah satu media penyampai informasi dan berita terkait Pemkab Probolinggo ke masyarakat itu, untuk sementara waktu tidak bisa diakses.

Warga masyarakat yang hendak membuka website resmi Pemkab Probolinggo tersebut, hanya mendapati laman itu dengan tampilan layar berwarna putih. Lalu terdapat gambar kartun seekor anjing  bernata merah dan biru. Bahkan, di bawah gambar kartun anjing itu, juga terdapat sebuah tulisan bahasa Inggris sebagai berikut:

[†] ..:: HuskyDown ::.. [†]
Dont Panic, your site is fine 🙂
just added index.html page deface

Baca Juga :   Film Belanda "The Silent Force" Akan Dibuat di Pasuruan

Lutfi, salah satu warga Kelurahan Patokan Kecamatan Kraksaan, mengatakan, dirinya mendapati keadaan laman seperti itu Senin (12/10/2105) dinihari. “Waktu itu saya hendak mencari referensi kegiatan Pemkab, sebagai bahan untuk menulis tentang batik yang berkembang di Kabupaten  Probolinggo. Tetapi bukan data yang saya dapatkan, malah laman situs yang hanya berganbar putih,” tuturnya kepada wartabromo.com.

Terkait dengan kondisi tersebut, Kabag Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian, tak menampik kalau situs resmi milik pemkab setempat itu tengah diacak-acak oleh hacker. Karena itu, pihaknya segera menghubungi tehnisi IT untuk mengupayakan perbaikan.

“Kemungkinan tadi pagi situs kami diserang hacker.  Karena sebelumnya masih normal-normal saja, termasuk ketika saya membuka situs itu pada Minggu (11/10/2015) malam,” ujar Yulius.

Baca Juga :   Datangi Balai Desa Malam Hari, Warga Tuduh Pak Kasun Korupsi

Mantan Kabid Perbendaharaan dan Verifikasi pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kabupaten Probolinggo itu, menegaskan, pihaknya mengupayakan bisa segera mengembalikan kondisi situs resmi Pemkab Probolinggo tersebut menjadi normal seperti semula. Sehingga dapat diakses kembali oleh warga yang membutuhkan informasi terkait Kabupaten Probolinggo.

“Kami sudah meminta teknisi IT agar secepatnya memperbaiki situs resmi Pemkab Probolinggo. Sehingga manfaatnya segera dirasakan masyarakat luas,” tuturnya. (saw/fyd)