Benar Nggak Sih Minum Air Candi Sumber Tetek Bikin Awet Muda?

0
389

sumber tetekGempol (wartabromo) – Pesona Candi Sumber Tetek yang berada di kaki Gunung Penanggungan tepatnya di Dusun Belahan, Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan memukau banyak orang. Pengunjung pertirtaan peninggalan Prabu Airlangga ini datang dari berbagai kota.

Selain menikmati bangunan candi yang eksotis, banyak yang sengaja datang untuk berbasuh muka, mandi dan minum air yang mengalir dari payudara arca Dewi Laksmi.

Katanya, bisa awet muda. Benar nggak sih?

Candi Sumber Tetek merupakan tempat pemandian para selir Prabu Airlangga. Hal itu dibuktikan keberadaan kolam berukuran kurang lebih 4 X 5 meter persegi, dengan kedalaman setinggi lutut orang dewasa di candi tersebut.

Air kolam berasal dari pegunungan yang dialirkan melalui “tetek” (payudara: Jawa) arca Dewi Laksmi dan sebuah pipa kecil di sisi kanan kolam. Selain untuk mandi, air juga dikonsumsi warga dan pengunjung.

“Saya sering mandi di sini. Kalau pulang saya juga bawa airnya. Saya percaya bisa membuat awet muda,” kata Samsul Arifin, salah seorang pengunjung asal Surabaya, Jumat (16/10/2015).

Beberapa pengunjung lain dari luar kota maupun sekitar Pasuruan juga datang atas dorongan keyakinan yang sama. Tidak heran, setelah berbasuh dan mandi di kolam, mereka juga membawa pulang air di dalam wadah-wadah yang sudah disiapkan.

Terlepas dari keyakinan pengunjung, yang pasti air pegunungan memiliki kualitas tinggi. Dikutip dari beberapa sumber, air tanah terbaik untuk konsumsi adalah mata air yang bersumber dari pegunungan vulkanik karena relatif terbebas dari pencemaran, mengandung berbagai mineral alami yang aman bagi tubuh.

Semakin banyak mengonsumsi air pegunungan terbukti dapat meningkatkan fungsi ginjal dan pengeluaran zat-zat racun dari dalam tubuh, menurunkan risiko obesitas.

Peningkatan konsumsi air pegunungan juga membuat kulit semakin terlihat segar, meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit tidak mudah keriput. Konsumsi air juga sangat penting untuk memelihara fungsi otak.

Nah, ternyata air Candi Sumber Tetek yang berasal dari pegunungan memang memiliki kualitas tinggi dan menyehatkan tubuh.

Ke Candi Sumber Tetek, Yuk! (fyd/fyd)