OJK Siap Beri Pemahaman Pesantren Soal Produk dan Jasa Keuangan

847

image

Probolinggo (wartabromo) – Salah satu kelemahan bangsa Indonesia adalah bidang keuangan. Pasalnya, banyak masyarakatnya yang belum memahami betul produk dan jasa keuangan. Selain itu masih rendahnya akses masyarakat ke lembaga keuangan membuat banyak masyarakat terbelit rentenir yang merugikan mereka.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D. Hadad melalui rilis resmi yang diterima oleh wartabromo, Minggu (18/10/2015).

Menurut Muliaman, salah satu unsur penting yang ada di masyarakat adalah keberadaan pesantren. Oleh karenanya, kata dia, OJK dan industri keuangan akan bekerjasama dengan pesantren dalam meningkatkan pemahaman para kyai dan santri terhadap produk dan jasa keuangan.

“Kita juga akan mendekatkan lembaga keuangan ke pesantren-pesantren agar para kyai dan santri lebih dekat terhadap akses permodalan. Inklusi keuangan di pesantren adalah penting,” tegas Muliaman saat memberikan pidato sambutan Haul Akbar Para Masayich di Pondok Pesantren Baitus Sholihin, Genggong Timur, Tumenggungan Krejengan, Probolinggo, Minggu (18/10/2015).

Baca Juga :   Cermati Kemungkinan Sungai Rejoso Meluap, BPBD Himbau Warga Waspada

Dijelaskannya, dalam waktu dekat OJK melalui program Edukasi, akan melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman keuangan terhadap para santri dan bekerjasama dengan lembaga jasa keuangan untuk membuka dan mendekatkan akses keuangan di lingkungan pesantren.

“Kerja sama program ini bertujuan agar para santri melek keuangan,” katanya.

Adanya sinergi OJK dengan pesantren, diharapkan pesantren akan makin sadar pada produk dan jasa keuangan, sehingga akan  tercapai upaya pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren.

Lebih lanjut dikatakannya, lembaga perbankan, lembaga pembiayaan, koperasi, Baitul Mal wat Tamwil (BMT), dan lembaga keuangan mikro, serta asuransi mikro akan berada lebih dekat dengan pesantren-pesantren untuk mendekatkan dengan sumber permodalan yang lebih murah dan cepat.

Baca Juga :   Mobdin Diupload Netizen di Medsos, Istri Kabag Kerjasama : Kami Tak Mudik

“DPR khususnya Komisi XI yang membidangi Keuangan dan Perbankan, dalam hal ini diwakili Pak Mukhamad Misbakun selalu mendampingi OJK, Bank Indonesia, dan Pemerintah dalam mengawasi dan bekerjasama untuk kemajuan sektor jasa keuangan,” tutupnya.

Untuk diketahui, Haul Akbar yang berlangsung di Pesantren Zainul Hasan, Genggong yang diasuh oleh KH. Muhammad Hasan Ainul Yaqin ini adalah haul ke-14 almarhum Al Arif Bilah Sholeh Nahrawi.

Haul Akbar dihadiri oleh para kyai dan Habib dari Probolinggo, Pasuruan, Situbondo, dan Bondowoso, anggota Komisi XI DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur II Mukhamad Misbakhun, serta 40 ribuan hadirin dari Probolinggo dan sekitarnya. Untuk puncak acara adalah ceramah oleh Maulana Syekh Afefuddin Abdul Qodir Al Jailani dari Baghdad Irak ( cucu ke 19 Syeh Abdul Qodir Jailani). (*/yog)