15:29 - Kamis, 19 Juni 5479
Senin, 19 Oktober 2015 | 16:38

Giliran Warga Pandaan Protes Limbah Pabrik

warga protes limbah pabrik Pandaan (wartabromo) – Belum usai sengkarut kasus pencemaran di Sungai Wangi, Beji, permasalahan limbah kembali mencuat di Pandaan. Warga Kelurahan Jogosari, Kecamatan Pandaan menuding PT Sudali yang memproduksi kain, mencemari Sungai Getih yang melintas di wilayah mereka.

“Limbah berwarna dan berbau yang mengakibatkan gatal-gatal warga,” kata Ketua Karang Taruna Kelurahan Jogosari, Wahyu Ibrahim, Senin (19/10/2015).

Hal itu diungkapkan Wahyu dalam pertemuan di Kantor Kelurahan Petungasri Pandaan antara warga dan perwakilan dari perusahaan PT Sudali Pandaan dan muspika Pandaan.

Pertemuan tersebut terkait pencemaran di Sungai Getih yang melintasi kelurahan Jogosari dan kelurahan Petungasri. Limbah cair tersebut diduga berasal dari PT Sudali.

Dalam pertemuan ini dari warga diwakili Wahyu Ibrahim sedangkan dari pihak perusahaan diwakili Indah, selaku HRD. Dalam kesempatan itu, warga menuntut agar perusahaan memperhatikan limbah yang dibuang ke sungai karena mereka yakin selama ini limbah dari PT Sudali mencemari sungai.

Pertemuan warga dan pihak perusahaan ini dijaga ketat aparat keamanan, termasuk lokasi perusahaan. Satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) dari Polres Pasuruan disiagakan dilokasi perusahaan PT Sudali. Hal ini terkait ancaman warga yang akan membendung sungai menggunakan sirtu. (egy/fyd)

Nelayan Lekok Tewas Setelah 2 Hari Hilang di Laut

Berburu Air Bersih Tempuh Kiloan Meter