Pemkab Pasuruan Siapkan Dana Penanganan Kebakaran Hutan

1157
Tampak kondisi hutan kawasan Tahura yang terbakar. WARTABROMO / kang jody
Kebakaran yang terjadi di Kawasan Tahura./WARTABROMO/dok.

Pasuruan (wartabromo) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan menyiapkan anggaran untuk penanganan kebakaran hutan pada APBD 2016. Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan selama ini pemerintah daerah tidak bisa berbuat banyak dalam pencegahan maupun pemadaman kebakaran hutan karena di luar kewenangannya.

“Dalam Rakor bersama kepala daerah, Presiden Joko Widodo memerintahkan daerah mengalokasikan anggarannya. Pemkab Pasuruan akan menganggarkan dana itu di APBD 2016,” kata Bupati Pasuruan, M Irsyad Yusuf, Sabtu (24/10/2015).

Selama ini Pemkab Pasuruan tidak bisa berbuat banyak untuk penanganan kebakaran hutan karena wilayah hutan yang terbakar bukan menjadi kewenangan. Namun dengan perintah presiden itu, Pemkab Pasuruan bisa mengalokasikan anggaran.

“Saat ini tengah memperhitungkannya sambil menunggu surat instruksi presiden secara tertulis,” terang Irsyad.

Baca Juga :   Bayi Tampan Dibuang di Pos Kamling

Kabupaten Pasuruan merupakan daerah di Jawa Timur yang mengalami kebakaran hutan paling luas. Sekitar 700 hutan di Kawasan Pegunungan Arjuna-Ringgit-Welirang, Pegunungan Bromo-Tengger-Semeru dan Pegunungan Penanggungan, yang masuk wilayah Pasuruan, terbakar sepanjang tahun 2015.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo dalam Rakor bersama kepala daerah di Istana Negara, Rabu (21/10) meminta daerah yang memiliki kawasan hutan menganggarkan dana untuk penanganan kebakaran di APBD 2016. (fyd/fyd)