Ratusan Personel TNI Sholat Minta Hujan

0
80
Sebanyak 300 anggota Kodim 0819 Pasuruan melaksanakan Shalat Istisqa’ di Lapangan Apel Kodim 0819 Pasuruan. Sholat dilakukan untuk memohon pada Allah agar segera menurunkan hujan agar bencana kekeringan dan kebakrana hutan segera berakhir. WARTABROMO/Akbar

Pasuruan (wartabromo) – Sebanyak 300 anggota Kodim 0819 Pasuruan melaksanakan Shalat Istisqa’ di Lapangan Apel Kodim 0819 Pasuruan. Sholat dilakukan untuk memohon pada Allah agar segera menurunkan hujan agar bencana kekeringan dan kebakrana hutan segera berakhir.

“Akibat musim kemarau yang berkepanjangan ini, banyak kebakaran hutan di beberapa wilayah di tanah air, sehingga menyebabkan musibah bencana kabut asap. Bahkan, kabut asap tidak hanya melanda di beberapa wilayah di Indonesia, namun kabut asap juga melanda di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Thailand khususnya Negara di Asia Tenggara. Maka dari itu saya mengajak anggota untuk menggelar Sholat Istisqo ini,” kata Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Inf Hery Suprapto, usai sholat, Rabu (28/10/2015).

Dengan dilaksanakannya Sholat Istisqo, Hery berharap agar masyarakat di daerah terdampak segera bangkit dan bebas dari kabut asap yang berkepanjangan.

“Sholat istisqo’ ini sebagai bentuk ikhtiar terakhir, untuk memohon kepada Tuhan agar segera menurunkan hujan. Diharapkan dengan sholat istisqo’ ini hujan segera turun, sehingga bencana kabut asap akibat hutan terbakar segera padam dan hilang. Selain itu para petani yang mengalami gagal panen akibat sawah mereka mengering, segera dapat bertanam lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Khotib Murtadlo dalam khutbahnya mengatakan bahwa tidak turunnya hujan merupakan ujian bagi orang yang beriman, namun bisa pula merupakan azab karena manusia sudah terlalu jauh dari ketaatan kepada Allah SWT.

“Allah SWT tahan turunnya hujan agar manusia kembali ingat kepada Allah SWT, Yang Maha Rahman, yang berkuasa menurunkan hujan. Insya Allah kalau kita selalu ingat kepadaNya, maka Dia juga akan ingat kepada kita,” tegasnya. (mil/fyd)