15:11 - Jumat, 23 November 7736
Jumat, 6 November 2015 | 15:44

Dear Pendaki, Arjuno-Welirang Masih Tutup

Prigen (wartabromo) – Pihak Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo selaku pemangku kawasan Pegunungan Arjuno-Welirang belum membuka jalur pendakian pasca serangkaian kebakaran yang terjadi. Para pendaki yang berniat naik diharapkan bersabar menunggu hingga hujan turun.

“Kami belum berani mengusulkan pembukaan pendakian karena sangat mungkin bara api sisa kebakaran pekan lalu belum padam sempurna. Kalau mau dibuka kita harus mengajukan ke kantor Surabaya. Untuk itu kita harus melaporkan situasi, sudah aman apa tidak,” kata Koordinator pendakian Gunung Arjuno-Welirang, Agus Budi Utomo, Jumat (6/11/2015).

Agus mengatakan kemungkinan pendakian kembali dibuka usai kawasan tersebut diguyur hujan. Jika hujan turun, pihaknya akan memantau dan mengevaluasi keamanan kemudian mempertimbangkan mengusulkan pembukaan jalur pendakian.

“Sudah ada yang ke pos pendakian minta izin, tapi kita tolak atas pertimbangan keamanan,” tandas Agus.

Selama Januari hingga Oktober 2015, telah terjadi lebih dari 25 peristiwa kebakaran di kawasan Tahura R Soerjo. Kurang lebih 600 hektar hutan kawasan cagar biosfer ini hangus terbakar. (egy/fyd)

Komentar Anda

Komentar

‘Perang’ Melawan Sampah, Ratusan Warga Purwosari Terjun ke Sungai

Tersangka Perkosaan Dilepas, Warga Hadiahi Polisi Celana Dalam