14:25 - Sabtu, 25 November 2017
Jumat, 6 November 2015 | 13:47

‘Perang’ Melawan Sampah, Ratusan Warga Purwosari Terjun ke Sungai

Kejengahan warga Purwosari melihat menumpuknya sampai di Sungai Djuri dilampiaskan dengan kerja bakti. Ratusan warga bahu membahu membersihkan sampah di sungai yang melintasi Kelurahan Purwosari hingga Desa Martopuro tersebut, Jumat (6/11/2015). Warga dari berbagai kalangan mulai pemuda, orang dewasa dan muspika terjun ke sungai yang terletak di sisi Jalan Raya Surabaya-Malang tersebut. @ Saiful Anwar/ WARTABROMO

Purwosari (wartabromo) – Kejengahan warga Purwosari melihat menumpuknya sampai di Sungai Djuri dilampiaskan dengan kerja bakti. Ratusan warga bahu membahu membersihkan sampah di sungai yang melintasi Kelurahan Purwosari hingga Desa Martopuro tersebut.

Pantauan wartabromo.com, Jumat (6/11/2015), warga dari berbagai kalangan mulai pemuda, orang dewasa dan muspika terjun ke sungai yang terletak di sisi Jalan Raya Surabaya-Malang tersebut. Membawa berbagai peralatan, warga ‘menyerbu’ sampah kemudian menaruhnya di tong-tong yang disiapkan. Selain dimasukkan di tong, sampah juga dibakar.

Tidak butuh waktu lama, tumpukan sampah rumah tangga seperti popok bayi, plastik, kaleng hingga bangkai hewan di sungai tadah hujan itu bersih. Sungai yang sebelumnya berbau busuk, tidak elok dipandang, seketika kinclong.

“Ini sungai tadah hujan jadi saat kemarau airnya habis. Paling yang di bawah jembatan masih ada airnya. Yang ada hanya sampah. Popok bayi dan plastik yang paling banyak,” kata Ketua Komunitas Purwosari Hebat, Saiful Anwar.

Bersama anggota muspika, komunitas ini menginisiasi kerja bakti. Mereka mengajak warga ikut menjaga sungai dan tidak segan menegur orang yang membuang sampah ke sungai. (fyd/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Angkat Budaya Jawa, Gelar Jamasan Pusaka

Dear Pendaki, Arjuno-Welirang Masih Tutup