15:17 - Selasa, 21 November 2017
Minggu, 8 November 2015 | 01:32

Siswa Rogoh Kocek Pribadi Demi Carnival On The River

carnival on the river 2Kejayan (wartabromo) – Carnival On The River sudah jadi trademark SMA Negeri 1 Kejayan atau Smanike. Even ini sudah jadi kebanggaan sekolah dan warga Kejayan bahkan Kabupaten Pasuruan.

Carnival On The River merupakan even tahunan yang digelar di Kali Complong, Kejayan. Peragaan busana di atas rakit ini selalu menyedot perhatian warga. Dengan tema yang selalu baru, mulai dari tema busana daur ulang, puspa nusantara hingga yang terkini zamrud katulistiwa, even ini selalu segar dan menghibur.

Para siswa Smanike juga sangat bangga punya Carnival On The River. Mereka bahkan rela merogoh kocek sendiri untuk membiayai properti demi bisa menampilkan karya mereka di hadapan ribuan warga.

“Setiap kelompok menghabiskan Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta tergantung desain rakit dan busananya. Biayanya patungan per siswa Rp 60-70 ribu,” kata Sandi Anjasmara, salah satu siswa peserta Carnival On The River Zamrud Katulistiwa yang digelar Sabtu (7//11/2015).

Uang tersebut digunakan untuk menyewah tong-tong rakit, membiayai properti dan busana. “Juga dibantu dari sekolah,” imbuhnya.

Anjas mengungkapkan biaya yang dikeluarkan membengkak karena jadwal molor dari yang seharusnya 25 Oktober jadi 7 November. Dalam rentang waktu dua pekan tersebut, mereka harus menanggung tambahan biaya sewa tong-tong dan peralatan lainnya.

“Uang sewanya membengkak karena diundur,” terang Anjas.

Wakil Kepala Smanike, Edi Susanto, mengatakan selama bertahun-tahun digelar biaya yang digunakan memang dari pihak sekolah dan patungan sukarela dari siswa. Namun, kata dia, perjuangan siswa dan sekolah tidak sia-sia. Selain mendapat sambutan dari warga, even ini secara tidak langsung menjadikan Kali Complong bersih dari sampah.

“Sejak digelarnya ada even ini, warga jadi peduli pada lingkungan sungai,” terang Edi.

Carnival On The River Zamrud Katuliswa dimeriahkan 38 peserta (rakit). Selain peserta dari Smanike, peserta dari 7 sekolah lain juga ikut berpartisipasi.

Bupati Irsyad Yusuf yang hadir menyampaikan apresiasinya pada para siswa dan sekolah. Ia mengatakan akan memberikan perhatian pada even tersebut. (fyd/fyd)

Komentar Anda

Komentar

5 Pemuda Menjambret Ditangkap Warga, 2 Kabur Termasuk Cewek

Bukan Gelar Sembarangan, Hanya Ada Satu Mpu Keris di Pasuruan