15:12 - Sabtu, 25 November 7015
Jumat, 20 November 2015 | 09:34

Wisata Sambil Belajar Aneka Flora di Kebun Raya Purwodadi

Purwodadi (wartabromo) – Kebun Raya Purwodadi tak surut didatangi pengunjung. Meski tak seramai dulu, Kebun Raya Purwodadi tetap mendapat perhatian publik.

Selain bisa menikmati panorama alam, pengunjung juga akan mendapat edukasi tentang berbagai macam pengetahuan tantang flora.

Seperti dituturkan oleh Fitri, Koordinator Bagian Jasa & Informasi, kunjungan bisa dari wisatawan lokal hingga lembaga pendidikan yang ingin bekerja sama dalam hal edukasi.

“Selain berwisata, biasanya ada kunjungan dari sekolah-sekolah sebagai pembelajaran IPA, ada juga beberapa mahasiswa yang melakukan riset sebagai tugas akhir, dan itu juga didampingi peneliti kita,” kata Fitri saat ditemui, Jumat (20/11/15).

Kebun Raya terbesar kedua setelah Kebun Raya Bogor ini mempunyai 178 suku, 962 marga, 2009 jenis tanaman, 11720 spesimen. Selain itu, Kebun Raya Purwodadi juga melakukan konservasi ex-situ, riset botani, dan wisata serta edukasi flora.

Fitri mengaku, pihaknya saat ini tengah fokus pada umbi-umbian yang sudah tidak populer. Hal ini dianggap perlu dilakukan untuk meningkatkan kandungan air dalam tanah pada daerah-daerah kering.

“Beberapa peneliti kita juga melakukan sosialisasi tanaman-tanaman yang potensial kepada masyarakat,” ujar Fitri. (bus/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Diringkus Kulakan Sabu, Pria Probolinggo Ngaku Wartawan Global TV

Indra Iskandar Terancam Dipecat dari DPRD