15:11 - Kamis, 23 November 1386
Jumat, 27 November 2015 | 20:53

Dibayangi Gangguan Keamanan, Polisi Jamin Pilkades Serentak Terkendali

Pasuruan (wartabromo) – Warga 49 desa di 21 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan akan memilih pemimpinnya besok, Sabtu 28 Nopember 2015. Dari pesta demokrasi desa ini diharapkan muncul para kepala desa hebat yang bisa menjadi ujung tombak pembangunan.

Meski sempat dibayangi gangguan keamanan seiring insiden para pendukung calon Kepala Desa Rebalas, Kecamatan Grati, yang tidak lolos melakukan protes dan menyerbu kantor desanya beberapa waktu lalu, namun aparat kepolisian menegaskan siap mengawal pilkades serentak.

Selain di Desa Rebalas, sejumlah desa di Kecamatan Sukorejo, Lumbang, Pasrepan dan Purwodadi masuk daerah rawan karena sejumlah bakal calon dinyatakan tidak lolos ujian.

Kapolres Pasuruan AKBP Sulistijono, menyatakan situasi dan kondisi beberapa jam menjelang pencoblosan aman dan terkendali. “Alhamdulillah, situasi aman lancar dan terkendali,” kata Sulistijono, Jumat (27/11/2015) pukul 20.40 WIB.

Ratusan personil dari jajaran Polres Pasuruan dan Polres Pasuruan Kota sudah diterjunkan ke lokasi pilkades dan siap menjaga kemanan. Polisi juga dibantu TNI, Satpol PP dan Linmas.

Lokasi pilkades serentak dibagi menjadi 6 Rayon, 3 rayon masuk wilayah hukum Polres Pasuruan dan 3 rayon masuk wilayah hukum Polres Pasuruan Kota. Jumlah personel yang disiagakan di setiap lokasi Pilkades sesuai dengan kajian tingkat kerawanan.

Di setiap lokasi pilkades yang dianggap aman akan diterjunkan sebanyak 20 anggota Polri, sedangkan untuk lokasi yang dianggap  rawan diterjunkan sebanyak 30 anggota. (fyd/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Demi Tradisi, Muda-mudi Tengger Rela Menunda Nikah

Biar Semangat Nyoblos, Warga Desa Martopuro Dijemput Mobil Khusus