Sungai Warga Bau Busuk, PT Indolakto Diduga Penyebabnya

1136

IMG_20151206_110026-650x900Purwosari (wartabromo) – Sejumlah warga dan pengguna jalan yang kebetulan melintas di jalan raya Purwosari, Pasuruan mendadak ramai saat melihat kondisi air sungai yang biasanya normal, keruh kecoklatan dan mengeluarkan bau menyengat, Minggu (6/12/2015) pagi.

Bau yang dikeluarkan oleh air sungai itu pun kontan menusuk hidung dan membuat ratusan ikan mati menggelepar. Dua orang warga turun dari bibir sungai dan melihat kondisi sungai yang mengenaskan.

“Ambune badeg (baunya menyengat) mas. Banyak ikan yang mati, ” kata Tiami (50) salah seorang warga jalan Mukibat Kelurahan Purwosari pada wartabromo, Minggu (6/12/2015).

Menurut perempuan setengah baya ini, bau tersebut diduga berasal dari Pabrik Pengolahan susu, PT Indolakto yang berada di hulu sungai dan telah berlangsung sebulan terakhir.

Baca Juga :   Hore! Ketua RT/RW di Kabupaten Pasuruan Bakal Dapat Insentif

“Setiap hari mesti kaya gini. Tadi malam kok tambah nemen (parah, red), ” lanjutnya.

Selang kemudian, dua orang warga mengambil sampel air dan tergesa – gesa untuk segera melaporkan kondisi perubahan air sungai warga di Kelurahan Purwosari tersebut.

“Mau kita laporkan sekarang, ” ujarnya berlalu.

Untuk diketahui, tercemarnya air sungai di Purwosari tersebut sudah berlangsung sejak dua bulan terakhir. Warga dan pihak terkait pernah menggelar pertemuan untuk membicarakan pencemaran tersebut. Namun, kondisi pencemaran ternyata masih terulang dan air sungai tetap kotor dan berbau. (yog/yog)