Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia Terbanyak di Dunia

1838

IMG-20151221-WA0021-650x450Pasuruan (wartabromo) – Kementerian Agama Republik Indonesia mencatat jika lembaga pendidikan islam di Indonesia jumlahnya sangat besar dan terbanyak di dunia. Selain itu, jumlah siswa atau santri yang saat ini sedang menempuh pendidikan berbasis agama islam lebih dari jumlah penduduk di Benua Australia.

Pernyataan ini disampaikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Syaifuddin saat menghadiri Haul KH. Abdul Hamid ke – 34 di Ponpes Salafiyah Kota Pasuruan, Senin (21/12/2015).

Menurut Lukman, berdasarkan data yang ada di Kementerian agama tercatat sebanyak 3.270.000 lembaga pendidikan berbasis islam ada di Indonesia mulai dari tingkat taman Kanak – Kanak (Raudhatul Atfal) hingga Perguruan Tinggi.

Baca Juga :   Tahun Ini, Target Panen Garam di Pasuruan 90 Ton

“Indonesia memiliki jumlah lembaga pendidikan islam terbesar dan terbanyak di dunia. Yang terbanyak adalah Ponpes nya sekitar 27.290 Sementara untuk Madrasah sebanyak 75.199 dari berbagai tingkatan, ” kata Lukman.

Yang menarik, lanjutnya, jumlah siswa yang saat ini menempuh pendidikan di lembaga – lembaga islam tersebut jumlahnya hampir lebih banyak dari jumlah penduduk di Benua Australia yakni mencapai sekitar 24.126.777 siswa.

“Ini adalah tantangan terbesar kita. Karena saat ini, sudah banyak pengaruh dunia luar yang masuk ke ruang – ruang pribadi. Peran serta kita semua untuk membentuk karakter anak dan membentenginya dengan akhlak sangat penting, ” jelasnya.

Untuk diketahui, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin hadir untuk pertama kalinya di acara Haul KH. Abdul Hamid ke -34 di Ponpes Salafiyah. Seperti tahun – tahun sebelumnya ratusan ribu jamaah hadir untuk mengikuti haul kyai kharismatik di Pasuruan tersebut. (yog/yog)