Tahun Baruan di Puncak Tretes, Siap-Siap Tak Kebagian Kamar!

1189

tretes prigenPrigen (wartabromo) – Animo warga untuk merayakan malam pergantian tahun cukup tinggi. Terbukti, hotel-hotel berbintang hingga penginapan kelas melati full bocked. Sekalipun, harga yang dipatok naik hingga lipat tiga dari hari biasanya.

Hal itu disampaikan Joko Widodo, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pasuruan, Rabu (30/12/15). Ia mengakui, saat ini tingkat hunian hotel di wilayah di Pasuruan meningkat seratus persen. Beberapa hotel, aku Joko, bahkan sudah penuh sejak Senin (28/12/15) lalu.

Menurut Joko, kondiis tersebut tidak hanya berlangsung saat malam pergantian tahun. Pasalnya, sebagian tamu juga mem-booking hunian hingga Sabtu (2/1/16) nanti. “Kebanyakan hotel di Tretes, ada juga yang di Bangil. Semuanya sudah full book, hampir seratus persen,” ungkapnya saat dikonfirmasi wartabromo.com, Rabu (30/12/15).

Baca Juga :   47 Peserta CPNS di Kota Probolinggo, Lolos Passing Grade

Ia juga mengatakan meningkatnya okupansi hotel menjelang pergantian tahun itu tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Dikatakannya lagi, beberapa wisata alam dan kuliner yang terdapat di kawasan Tretes menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

“Memang wisata di sini (baca: Tretes) menjadi daya tarik bagi pengunjung, kan ada Taman Safari, Kakek Bodo, Kuliner di depan Hotel Surya, dan wisata lain,” imbuh Joko.

Lebih lanjut Joko merinci, sedikitnya terdapat delapan hotel berbintang di Tretes dan satu hotel di Bangil yang kini telah penuh hunian. Diantara sejumlah hotel tersebut ialah Tanjung Hotel & Resort, Pines Garden Resort, Hotel Surya, Tretes View Hotel & Convention, Hotel Tretes Raya, Royal Senyiur Hotel, Inna Hotel, Foresta in Hotel, yang terletak di kawasan Tretes, dan Hotel Dalwa di Bangil.

Baca Juga :   Nyalip Bus, Pengendara Motor Tewas Di Jalur Pantura

“Sebenarnya ada juga hotel-hotel di kawasan bromo, tapi saya belum mendapat laporan,” akunya.

Selain hotel, kondisi yang sama juga terjadi pada vila-vila di kawasan Tretes. Naiknya harga sewa hingga 300 persen bukan menjadi kendala bagi warga untuk menyewanya. So, Anda yang berminat melewati malam pergantian tahun di Tretes, siap-siap saja untuk tidak kebagian kamar. (bus/rur)