Mampir Kampung Pia Kejapanan Gempol, Pilih Rasa yang Anda Suka

7331
Foto: M Rozikin (wartabromo)

Gempol (wartabromo) – Klepon? Benar, jajanan khas ini memang sangat identik dengan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Sangat banyak toko dan lapak yang menjual jajanan empuk-kenyal ini, juga dijajakan di bus-bus antar kota. Bagi orang luar kota, seakan ada yang kurang jika tak membawa klepon sebagai oleh-oleh saat mampir ke Gempol.

Namun, selain klepon, Gempol juga memiliki jajanan lain yang juga sudah dikenal luas; pia. Ya, meski belum sepopuler klepon, industri rumahan pia terus berkembang. Salah satunya Kampung Pia di Dusun Warurejo, Desa Kejapanan. Selain pembeli dari dalam kota, banyak pembeli dari luar kota hingga luar pulau datang ke sini.

Salah satu pemilik usaha rumahan pia, Srinah (32), mengatakan, langganannya bahkan dari Jakarta hingga Sumatera. “Ada yang dari Kalimantan, Sumatera, Bandung dan Jakarta,” kata Srinah di tengah kesibukannya bekerja, Minggu (3/1/2016).

Baca Juga :   Soal Pungli, Forkopimda dan 72 Kades di Pasuruan Sepakat Tanda Tangan

Pia produksi Srinah bermerek Pia Marhen. Memiliki aneka rasa, mulai dari strowbery, coklat, coklat kacang ijo, kacang ijo, coklat pisang, tape, dan keju.

“Saya jual mulai dari harga Rp 4.500 sampai Rp 15.000 per kota,” kata Srinah.

Pia Marhen milik Srinah sudah membuka cabang di Jombang dan Surabaya. Pia produksinya dikirim ke seluruh wilayah di Jawa Timur, kecuali Kediri dan Tulungagung.

“Per hari bisa memproduksi 1000 bungkus,” pungkas Srinah.

Keberadaan industri rumahan pia selain meningkatkan ekonomi warga, juga bisa menekan pengangguran. Srinah sendiri memiliki 9 karyawan yang semuanya merupakan ibu rumah tangga.

“Ibu-ibu bisa terbantu ekonominya karena banyak yang ditinggal suaminya bekerja di luar kota,” jelas Srinah. (roz/fyd)