Wardoyo, Petani Belimbing Sukses Bagi-bagi Tips

4884

Purwodadi (wartabromo) – Sejak tahun 2008 menjadi petani, Wardoyo telah merasakan keuntungannya memiliki 1.000 pohon Belimbing jenis Bangkok di lahan seluas 1,5 hektar. Hampir setiap minggu jika tanaman sudah mulai berbuah, dirinya dan sejumlah pekerja mendatangi tiga kebuh miliknya dan mulai memanen buah belimbing yang telah dibungkusi plastik di atas pohon.

(Baca: Tanam Belimbing Bikin Kaya)

Plastik – plastik tersebut merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menghindari serangan hama lalat buah saat belimbing sudah mulai matang. Selain menghindari busuk buah akibat seragam lalat, pembungkusan buah menggunakan plastik bermanfaat agar buah tetap mulus dan segar.

Berikut Tips merawat buah belimbing agar berbuah mulus dan segar.

  1. Penanaman
Baca Juga :   Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1437 Hijriyah Dimulai 6 Juni 2016

 

Jarak tanam antar pohon patut diperhatikan supaya saat tumbuh dan berbuah tidak mengganggu antar satu pohon dengan yang lainnya. Sebaiknya, jarak antar pohon saat penanaman yaitu antara 6-7 meter.

 

  1. Pembungkusan

–       Salah satu kunci utama pasar adalah buah yang dijual tampak segar dan mulus. Karena itu, Sebaiknya buah yang sudah mulai matang harus dilakukan pembungkusan.

 

Pembungkusan ada dua cara yakni dengan menggunakan daun jati tua dan dengan menggunakan plastik.

 

Daun jati tua biasanya digunakan saat buah matang pada musim hujan. Daun jati tua mampu bertahan dari angin dan hujan. Sedangkan plastik, digunakan untuk menghindari lalat buah karena lebih mudah didapatkan. Lalat buah ini menyerang dan merusak buah belimbing sehingga buah menjadi berbintik – bintik.

Baca Juga :   Sebelum Dibakar, Korban Pembunuhan Disuguhi Teh Beracun

 

  1. Penyiraman

–       Pohon Belimbing memang memiliki akar yang kuat, namun pohon belimbing membutuhkan air yang cukup terutama saat sedang berbunga dan buah baru tumbuh.

–       Penyiraman bisa dilakukan dengan cara membasahi bagian akar pohon dengan air hingga basah.

  1. Penyiangan

–       Kondisi rerumputan acapkali tumbuh subur di sekitar akar pohon buah belimbing. Petani seyogyanya rajin untuk melakukan peyiangan agar kondisi akar pohon tidak terganggu dan terlihat bersih. Pembersihan bisa dilakukan dengan cara didangir (dicangkul tipis).

  1. Pemupukan

–       Pohon Belimbing membutuhkan pupuk untuk membantu kesuburan tanah. Biasanya Pupuk yang digunakan yakni NPK yang dicampur dengan Pupuk Phonska dengan perbandingan 50 Kilogram Phonska berbanding dengan 10 Kilogram NPK.

Baca Juga :   PLN Siap Putus Listrik Padepokan Dimas Kanjeng

–       Pupuk organik merupakan pupuk yang paling baik untuk digunakan. Pupuk kandang bekas kotoran kambing saat diajurkan untuk membantu menyuburkan tanaman ini.

(yog/yog)