Siswa Purwosari Juara Olimpiade Sains Nasional

1017

siswa berprestasiPurwosari (wartabromo) – Prestasi membanggakan didapat Doni Ahmad Setiawan, pelajar SMAN I Purwosai. Remaja yang kini duduk di bangku kelas XII IPA 6 itu berhasil menjuarai Olimpiade Sains Nasional di Universitas Gajah Mada (UGM).

“Puji syukur Alhamdulillah, saya dapat menang dan mengharumkan nama sekolah dan Kabupaten Pasuruan di kancah nasional. Sungguh ini di luar dugaan saya,” ucap Doni saat ditemui di sekolahnya, Kamis (21/1/2016). Ia mengatakan penghargaan itu ia terima akhir desember 2015 lalu.

Doni mengatakan ia mendapat special award atau penghargaan khusus, lantaran mendapat nilai tertinggi dalam ajang tahunan itu. Untuk dapat sampai di puncak kemenangan, Doni terlebih dulu harus mengalahkan ratusan pelajar SMA/SMK se-Indonesia dalam babak kualifikasi.

Baca Juga :   Situs Raos, Saksi Berdirinya Kerajaan Majapahit yang Kesepian

Diceritakannya, untuk sampai ke babak utama, setiap peserta harus bisa menjawab banyak pertanyaan dari mata pelajaran yang diujikan, diantaranya Fisika, Kimia dan Biologi. Barulah setelah selesai, maka pihak panitia langsung mengumumkan siapa-siapa saja yang berhak untuk maju ke babak selanjutnya.

“Cukup rumit, tapi berkat doa dan saran dari bapak ibu guru, saya mampu melewati itu semua, dan akhirnya saya menang,” imbuhnya.

Doni sendiri mengaku sudah tiga kali mengikuti perlombaan serupa, yakni di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Dari dua kejuaraan tersebut, Doni juga meraih juara.

“Saya ingin melanjutkan kuliah di Teknik Sipil atau Teknik Kimia. Semoga ketika lulus nanti, saya bisa kerja di bidang yang saya inginkan,” terangnya.

Baca Juga :   Jalan Rusak di Kabupaten Pasuruan Mencapai 2.000 Kilometer

Sementara itu, Heru Wahyudi, Kepala SMAN I Purwosari mengaku bangga dengan prestasi yang diraih anak didiknya tersebut. Atas prestasinya, pihaknya memberikan reward berupa pembebasan biaya biaya seperti pembelian buku, SPP dan keperluan lain.

“Pasti akan mendapat bonus. Semata-mata kami ingin memberikan suntikan motivasi agar para siswa semakin giat belajar, demi masa depan mereka sendiri,” ungkap Heru kepada Suara Pasuruan. (mil/fyd)