15:11 - Sabtu, 23 November 1444
Senin, 1 Februari 2016 | 16:02

Aqua Keboncandi Berdayakan Masyarakat Melalui Koperasi

aqua keboncandi

Pengurus & Pengawas Koperasi Tiga Serangkai berfoto bersama Camat Gondang wetan, Sekretaris camat Winongan, Dinas Koperasi & UKM, Kepala desa Mendalan serta YSII / ISTIMEWA

Pasuruan (wartabromo) – Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat di sekitarnya, Aqua Keboncandi terus melakukan pembinaan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar pabrik, salah satunya yakni lahirnya Koperasi “Tiga Serangkai” yang meliputi tiga desa yakni Keboncandi, Tenggilis Rejo dan Mendalan.

Koordinator CSR Aqua Pabrik Keboncandi, Hari Wicaksono mengatakan, koperasi Tiga Serangkai merupakan sebuah gerakan pembinaan dan penguatan ekonomi rakyat dalam mengembangkan usaha-usaha rakyat melalui keanggotaan koperasi dan menghimpun dana simpanan serta memberikan penyaluran pembiayaan kepada anggota dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemampuan ekonomi anggota.

“Koperasi ini adalah salah satu program Local Economic Development (LED) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Pabrik AQUA Keboncandi. Lahirnya nama “Tiga Serangkai” itu sendiri didasari oleh wilayah pelayanan yang meliputi tiga desa yaitu Keboncandi, Tenggilis Rejo, dan Mendalan, ” Kaya Hari saat menghadiri kegiatan Rapat Anggota (RAT) Tahunan ke-II koperasi simpan pinjam (KSP) Tiga Serangkai di desa Mendalan, kecamatan Winongan – Pasuruan bersama perwakilan Dinas Koperasi & UKM, Camat Gondangwetan, Sekertaris Camat Winongan, Kepala Desa Mendalan, Kepala Desa Tenggilis Rejo, Puskodit Jawa Timur wilayah Timur, tokoh masyarakat & tokoh Agama sekitar Pabrik AQUA Keboncandi, Minggu (31/1/2015).

Dalam rapat itu pula diketahui jika sampai dengan Januari 2016, Koperasi Tiga Serangkai telah mempunyai 638 anggota dan 140 calon anggota keanggotaan Koperasi Tiga Serangkai bersifat sukarela dan terbuka.

SONY DSC

Salah satu kegiatan kelompok batik binaan Aqua Keboncandi / ISTIMEWA

Sementara itu ditemui terpisah, Kepala Pabrik AQUA Keboncandi, M. Sunarno menambahkan bahwa AQUA selalu berkomitmen pada sebuah agenda sosial yang jelas yang menyeimbangkan kinerja ekonomi, pelestarian lingkungan, dan perkembangan sosial. Aktivitas-aktivitas tersebut dijalankan dengan pola kemitraan multipihak, sehingga perekonomian masyarakat meningkat secara bertahap.

“Kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar pabrik AQUA Keboncandi terbagi atas beberapa kelompok antara lain, batik, Kelompok RBU (Recyle Bisnis Unit), perikanan, pertanian, ternak kambing etawa dan pengelolaan makanan ringan, ” jelas M. Sunarno. (*/*)

 

Komentar Anda

Komentar

Dana Rp 23 M Peningkatan Infrastruktur Pertanian Belum Terserap

Ratusan Hektar Lahan Rusak, Harga Sayuran Naik 100 Persen