00:38 - Sabtu, 18 November 2017
Selasa, 2 Februari 2016 | 11:00

Kades Diberhentikan, Warga Candiwates Prigen Blokir Jalan

Prigen (wartabromo) – Ratusan warga Desa Candiwates, Kecamatan Prigen memblokir Jalan raya Pandaan-Prigen. Aksi tersebut sebagai wujud protes pemberhentian Kepala Desa Sueb oleh Pemkab Pasuruan.

Pemberhentian jabatan di tengah jalan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati yang diterima Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat. Kades Sueb sendiri mengaku belum menerima SK tersebut.

“Aksi tersebut spontan karena warga ini kesal kades diberhentikan. SK (pemberhentian) sudah diterima BPD, dan belum sampai ke tangan kades,” kata Kapolsek Prigen, AKP Syamsul Arifin, Selasa (2/2/2016).

Kapolsek mengatakan aksi penutupan jalan pada Senin (1/2/2016) malam tersebut, dilakukan dengan memberi palang kayu dan bambu. Warga juga sempat membakar kayu di tengah jalan. Praktis jalan tersebut tidak bisa diakses.

Polisi bersama muspika langsung melakukan negosiasi dan berhasil membujuk warga yang merupakan pendukung Kades Sueb untuk segera membuka jalan.

“Penutupan sekitar 45 menit. Kebetulan kondisi jalan sepi,” terangnya.

Aksi tersebut, kata Kapolsek, tidak berdampak pada kondusifitas desa. “Normal dan kondusif karena itu aksi spontan,” pungkasnya. (fyd/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Ratusan Hektar Lahan Rusak, Harga Sayuran Naik 100 Persen

Koramil Nguling Disatroni Maling