15:11 - Rabu, 23 November 1329
Selasa, 2 Februari 2016 | 09:35

Waspadai Hujan Lebat, Angin Kencang dan Petir Seminggu Kedepan

Foto ilustrasi

Pasuruan (wartabromo) – BMKG memperkirakan potensi hujan akan semakin meningkat seminggu kedepan. Seiring dengan hal tersebut diperkirakan potensi angin kencang, petir dan hujan es juga akan terjadi di beberapa wilayah.

“Diperkirakan seminggu kedepan potensi hujan akan semakin meningkat khususnya di Jawa hingga Nusa Tenggara. Adanya daerah tekanan rendah di utara Australia memberikan pengaruh tidak langsung dimana di Indonesia awan hujan akan semakin banyak terbentuk. Kondisi tersebut mengakibatkan munculnya hujan lebat yang akan dominan terjadi khususnya di wilayah Jawa Barat, Banten,  Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara. Seiring dengan hal tersebut diperkirakan potensi angin kencang, petir dan hujan es juga akan terjadi di beberapa wilayah,” kata Mulyono R Prabowo, Kepala Pusat Informasi Meteorologi Publik BMKG, dalam pernyataan yang diterima redaksi wartabromo.com, Selasa (2/2/2016).

Mengantisipasi hal tersebut BMKG menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai peluang cuaca ekstrem terutama bagi wilayah yang rawan terdampak pada kejadian banjir, tanah longsor, pohon tumbang, banjir bandang di daerah dataran tinggi serta fenomena lainnya yang bersifat merusak.

Kepada seluruh pengelola dan pengguna jasa transportasi baik darat, laut maupun udara, lanjut Mulyono, diminta agar lebih siaga dan selalu memperbarui informasi cuaca terkini melalui BMKG setempat dan tidak memaksakan ketika kondisi cuaca buruk dan gelombang tinggi berpeluang terjadi di sepanjang jalur perjalanan,” jelas Mulyono. (fyd/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Bromo Kian Intens Keluarkan Sinar Api

Ratusan Hektar Lahan Rusak, Harga Sayuran Naik 100 Persen