02:48 - Senin, 20 November 2017
Rabu, 3 Februari 2016 | 13:42

20 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Probolinggo

Foto: Sundari (wartabromo)

Tegalsiwalan (wartabromo) – Puting beliung menghempas tiga desa di dua kecamatan di Kabupaten Probolinggo, Selasa malam (2/2/2016). Sedikitnya 20 rumah mengalami kerusakan.

Di Kecamatan Tegal Siwalan, ada dua desa yang diterjang puting beliung, yakni Desa Blado Kulon dan Bulu Jaran Lor. Sedang di Kecamatan Bantaran yakni Desa Legundi.

Salah satu rumah yang mengalami kerusakan parah milik Supeno (47), warga Desa Blado Kulon, Kecamatan Tegalsiwalan.

Kerusakan terutama terjadi pada atap dan teras depan rumah karena tertimpa pohon asam besar. Bahkan sejumlah perabotan rumah tangga turut rusak, sehingga ditepikan ke tempat yang lebih aman.

Supeno menuturkan, pusaran puting beliung datang secara tiba-tiba saat sekitar 30 menit, pasca hujan ringan yang melanda daerah itu. Hanya sekitar satu menit kemudian, rumah Supeno beserta 12 rumah milik tetangganya rusak tersapu angin dan tertimpa pohon.

“Angin puting beliung datang waktu itu saya ada dibelakang. Waktu ada angin langsung kebelakang dan langsung lari keluar. Hujan lebat dan anginnya cuma sebentar langsung wuuss,” ujar Supeno.

Kini ia dan warga lainnya kebingungan untuk bermalam karena tempat tinggalnya rusak. Mereka berharap mendapat bantuan dari pemerintah setempat.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (saw/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Candiwates Kondusif Meski Warga Tolak Pencopotan Kades

Anggota Komisi I DPRD Dukung Kades Candiwates Diberhentikan