Revitalisasi Tahap Akhir Kawasan Masjid Cheng Hoo Menelan Rp 2 M

758

masjid-chen-hoo1Pandaan (wartabromo) – Kawasan Wisata Religi Masjid Cheng Hoo, Pandaan, akan terus dipercantik. Dana sebesar Rp 2 miliar telah disiapkan untuk merevitalisasi kawasan tersebut.

“Sejak dua tahun lalu Pemkab Pasuruan telah melakukan revitalisasi kawasan Cheng Hoo, sehingga untuk kali ini lebih bersifat tindak lanjut saja,” kata Misbah Zunib, Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Pasuruan, Minggu (7/2/2016). Kata dia, anggaran tersebut berasal dari APBD Kabupaten Pasuruan tahun 2016, di mana revitalisasi ini adalah program ketiga sekaligus terakhir.

Lebih lanjut Misbah menambahkan, anggaran Rp 2 Milliar akan dipergunakan untuk pembangunan gapura akses masuk dan keluar, penambahan bangunan kios souvenir dan miniature Kabah, serta penambahan toilet dan MCK (mandi cuci kakus) maupun PJU (penerangan jalan umum).

Baca Juga :   Dear Pendaki, Arjuno-Welirang Masih Tutup

“Kita tidak sembarangan dalam hal membangunnya. Artinya kita mengacu pada DED sehingga pengerjaan mulai tahun pertama yakni 2014 lalu sifatnya satu paket,” imbuhnya.

Sementara itu, saat ditanya perihal perkembangan program revitalisasi saat ini, Misbah mengaku bahwa pihaknya telah menyerahkan berkas proyek revitalisasi tahap ketiga kawasan wisata religi Cheng Hoo ke ULP untuk selanjutnya diadakan pelelangan.

“Prosesnya masih berjalan dan kami targetkan april mendatang semua pekerjaan fisik akan dimulai,” pungkasnya. (mil/fyd)