15:11 - Sabtu, 24 November 9849
Senin, 8 Februari 2016 | 10:50

Asah Psikomotorik, Siswa TK Diajak Membatik

Foto: Sundari (wartabromo)

Kraksaan (wartabromo) – Siswa TK Bintang Harapan Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo punya cara asyik mengisi libur Imlek. Bukan liburan ke luar kota atau ke tempat rekreasi, belasan siswa ini memilih belajar membatik.

Sebanyak 17 siswa mendatangi UKM batik tulis Ronggo Mukti untuk belajar membatik. Dengan wajah ceria, bocah-bocah yang rata-rata berusia 5-6 tahun tersebut, menggambar motif diatas kain mori. Warna dan motif cerah, seperti motif kembang air dipilih untuk menggambarkan kegembiraan dalam perayaan imlek.

“Melukis trus memberikan warna di kain. Senang banget,” tutur salah satu siswa Antonius, Senin (8/2/2016).

Sementara itu, menurut salah satu guru TK Bintang Harapan, Rebecca, diajaknya siswa ke tempat batik selain mengajak siswa bergembira, juga bertujuan untuk mengembangkan intelegensi. “Selain merayakan imlek, kami ingin menguatkan psikomotorik siswa. Sehingga, kecerdasannya dapat dioptimalkan,” ujarnya.

Pemilik usaha batik tulis Ronggo Mukti M. Mahrus, menuturkan berkunjungnya siswa TK tersebut, menjadi momen tersendiri untuk mengenalkan batik kepada anak sejak dini. Ia berharap, dengan kenal dan tahu batik sejak dini, mereka semakin cinta kepada batik yang merupakan khasanah budaya bangsa.

“Harapannya kelak mereka mencitai budaya bangsa dan turut serta dalam upaya pelestariannya,” ungkap Mahrus. (saw/fyd)

Komentar Anda

Komentar

Revitalisasi Tahap Akhir Kawasan Masjid Cheng Hoo Menelan Rp 2 M

Masih Banyak Jalan di Pasuruan Tak Miliki Markah